ADVERTISEMENT

Kalender Sementara Formula E 2023 Dirilis, Jakarta Masuk Dalam Daftar?

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Kamis, 30 Jun 2022 10:41 WIB
Sebanyak 22 pebalap memeriahkan Formula E Jakarta. Yuk lihat para pebalap adu cepat di ajang tersebut.
Formula E di jakarta Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Kalender balap sementara Formula E untuk musim 2022/2023 telah dirilis. Dalam jadwal tersebut, Jakarta akan menggelar dua kali balapan sekaligus yang digelar pada Juni 2023.

Dilansir situs Formula E, kalender Formula E musim kesembilan itu akan berlangsung mulai Desember 2022 sampai Juli 2023. Total ada 18 seri Formula E yang akan digelar musim depan, namun ada sejumlah seri yang belum ditentukan lokasinya dan akan segera diumumkan.

Sebelum memulai seri pertama, seluruh pebalap Formula E akan mengikuti tes pramusim terlebih dahulu yang berlangsung di Valencia, Spanyol, pada 11-14 Desember 2022.

Seri pembuka Formula E musim 2022/2023 akan berlangsung di Mexico, tanggal 14 Januari 2023. Lalu seri kedua dan ketiga digelar di Diriyah, Arab Saudi, pada 27-28 Januari. Balapan di Diriyah akan kembali digelar pada malam hari atau night race.

Seri keempat akan digelar di Hyderabad, India, pada tanggal 11 Februari. Sementara untuk seri kelima dan keenam belum diumumkan oleh Formula E, sehingga masih kosong.

Ajang balap Formula E Jakarta memang sudah berakhir. Lihat lagi yuk kesibukan teknisi di Starting Grid Jakarta International E-Prix Circuit, Jakarta Utara.Ajang balap Formula E Jakarta memang sudah berakhir. Lihat lagi yuk kesibukan teknisi di Starting Grid Jakarta International E-Prix Circuit, Jakarta Utara. Foto: Pradita Utama

Masuk seri ketujuh Formula E akan digelar di Sao Paulo, Brazil, pada 25 Maret. Lalu setelah itu balapan digelar di Berlin dalam seri kedelapan (22 April) dan Monaco di seri kesembilan (6 Mei).

Seri ke-10 dan 11 akan digelar di Seoul, Korea Selatan, di tanggal 20-21 Mei. Baru setelah itu, Jakarta masuk ke dalam kalender balap Formula E dan bakal digelar sebanyak dua kali, yakni pada seri ke-12 dan 13 yang berlangsung pada 3-4 Juni 2023.

Seri ke-14 juga masih belum diumumkan, sehingga masih kosong di kalender. Setelah itu seri ke-15 dan 16 akan digelar di Roma, Italia, pada 15-16 Juli. Lalu seri ke-17 dan 18 yang merupakan seri terakhir Formula E musim kesembilan akan digelar di London, Inggris, di tanggal 29-30 Juli.

"Kalender musim kesembilan Kejuaraan Dunia ABB FIA Formula E adalah jadwal balapan yang paling luas dan dinamis dan saya tidak sabar untuk memulai," kata Ketua Penyelenggara Kejuaraan sekaligus penggagas Formula E, Alberto Longo.

"Kami akan terus mendorong batas internasional dari balap jalanan yang sepenuhnya menggunakan listrik dengan E-Prix di Hyderabad dan Sao Paulo, sambil mempertahankan balapan yang sangat populer di Diriyah, Mexico City, Berlin, Monaco, Roma dan London dengan Jakarta dan Seoul sekarang mulai mengisi kalender," ujarnya.

Rencananya, jadwal sementara balapan Formula E 2023 akan diperbarui lagi pada akhir tahun. Ada juga sejumlah sirkuit yang saat ini masih dalam tahap homologasi, yakni di Hyderabad, Sao Paulo, dan Seoul.



Simak Video "Jakpro: Tiket VIP Formula E Ludes, Tiket Festival Baru Terjual 15%"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT