Awalnya Diremehkan, Adik Valentino Rossi Mulai Unjuk Gigi di MotoGP

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 22 Jun 2022 20:03 WIB
Jelang pertemuan Valentino Rossi dan Luca Marini di MotoGP 2021.
Luca Marini dan Valentino Rossi. (Foto: Youtube: Dainese)
Jakarta -

Fabio Quartararo memang jadi topik utama di media-media dunia karena berhasil menjadi kampiun MotoGP Jerman 2022. Tapi adik legenda MotoGP Valentino Rossi, Luca Marini, tak bisa dikesampingkan setelah tampil baik dan mampu finis di urutan kelima MotoGP Jerman.

Mungkin banyak yang skeptis atas kehadiran Luca Marini di MotoGP. Menyandang status saudara Valentino Rossi, banyak orang menilai Marini bisa pindah kelas ke MotoGP karena bantuan dan privilege dari sang kakak.

Marini bergabung ke kelas premier sejak musim 2021. Kala itu ia membalap bersama tim Avintia Esponsorama Racing dengan rekan paddock-nya, Enea Bastianini. Adapun motor yang digunakan adalah Ducati Desmosedici.

Menutup musim MotoGP 2021, Marini finis di urutan ke-19 dengan koleksi 41 poin, sementara Bastianini performanya lebih baik dan bisa finis di posisi ke-11 dengan 102 poin.

Di musim MotoGP 2022, Marini dan Bastianini pisah jalan. Marini bergabung dengan tim balap Valentino Rossi, Mooney VR46 Racing Team. Sementara Enea Bastianini bergabung dengan tim Gresini Racing. Meski pisah, keduanya masih tetap disuplai oleh Ducati.

Luca Marini di MotoGP QatarLuca Marini di MotoGP Qatar Foto: MotoGP

Dari 10 seri MotoGP 2022 yang sudah digelar, penampilan Marini cukup memuaskan. Kendati belum pernah naik podium, sejauh ini Marini bisa mengoleksi 52 poin dan bertengger di urutan ke-13 klasemen sementara.

Dalam empat seri balap terakhir yang sudah digelar, Marini juga tampil konsisten dengan selalu finis di posisi 10 besar. Misalnya di Jerman ia finis kelima, di Catalunya finis keenam, di Italia finis keenam, dan di Prancis finis kesembilan.

Jadi, masih ada yang mau meremehkan Luca Marini?



Simak Video "MotoGP Mulai Sepi Penonton, Dorna: Indonesia Penuh!"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)