ADVERTISEMENT

Mampukah Honda Pertahankan Takhta di Sachsenring Tanpa Marc Marquez?

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Sabtu, 18 Jun 2022 15:45 WIB
LOMBOK, INDONESIA - FEBRUARY 10: Marc Marquez of Spain and Repsol Honda Team and Pol Espargaro of Spain and Repsol Honda Team ride scooters around the circuit during the MotoGP Pre-Season IRTA-Test at Mandalika International Street Circuit on February 10, 2022 in Lombok, Indonesia. (Photo by Steve Wobser/Getty Images)
Sanggupkah tim Repsol Honda menjadi jawara MotoGP Jerman tanpa kehadiran Marc Marquez? Foto: (Getty Images)
Jakarta -

Akhir pekan ini MotoGP Jerman 2022 akan digelar. Salah satu fakta menarik adalah sejak musim 2010, Honda selalu berhasil membawa pebalapnya meraih kemenangan berturut-turut di sirkuit Sachsenring. Namun, apakah di musim ini Honda mampu kembali meraih juara?

Saat ini, Marc Marquez yang bergabung dengan tim Repsol Honda selalu meraih kemenangan di MotoGP Jerman. Tapi di musim ini, Marquez harus absen sampai akhir musim karena tengah menjalani pemulihan usai operasi di lengan kanan. Artinya, pebalap asal Spanyol itu akan melewatkan MotoGP Jerman.

Sampai sekarang Honda menjadi salah satu tim terbaik ketika tampil di MotoGP Jerman. Bila ditarik lebih jauh sejak pertama kali balapan digelar pada musim 1998, tim pabrikan asal Jepang itu sudah meraih 17 kali kemenangan di kelas premier.

Rekor pebalap yang paling banyak meraih kemenangan masih dipegang Marc Marquez sebanyak delapan kali, lalu ada Dani Pedrosa yang meraih empat kali kemenangan pada musim 2007, 2010, 2011, dan 2012.

Selain itu, ada juga sejumlah pebalap lainnya seperti Valentino Rossi, Alex Barros, Sete Gibernau, hingga Max Biaggi. Mick Doohan jadi pebalap pertama Honda yang berhasil menjuarai MotoGP Jerman pada musim 1998, tepat 23 tahun yang lalu.

Lantas, di musim 2022 akan ada raja baru di sirkuit Sachsenring, bisa jadi pebalap dari tim lain atau kembali direbut oleh rider Honda. Seluruh pebalap berpeluang besar untuk meraih podium pertama.

Tapi Honda harus waspada, sebab sejumlah pebalap dari tim lawan punya peluang besar merebut kemenangan, seperti Fabio Quartararo hingga Aleix Espargaro. Keduanya sama-sama tengah gencar meraih poin dan tentu mengincar posisi pertama.

Absennya Marquez membuat tim Repsol Honda kini mengandalkan Pol Espargaro saat akhir pekan nanti. Namun, rider dari tim satelit Honda seperti Alex Marquez dan Takaaki Nakagami bisa saja memberi kejutan dan mampu bersaing di baris terdepan.



Simak Video "Sama Kayak Qatar, MotoGP Mandalika 2023 Rencananya Digelar Akhir Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT