ADVERTISEMENT

Gara-gara Ini Aleix Espargaro Mengira Balapan MotoGP Catalunya Sudah Usai

Dina Rayanti - detikOto
Senin, 06 Jun 2022 07:31 WIB
Aleix Espargaro
Aleix Espargaro meminta maaf karena salah mengira tulisan di menara dan menyangka balapan MotoGP Catalunya sudah usai. Foto: Dok. MotoGP
Jakarta -

Aleix Espargaro harus rela kehilangan kesempatan berdiri di podium pada MotoGP Catalunya 2022. Semula, balapan berjalan masih sangat baik bagi Espargaro. Meski ia sudah tak lagi bisa mengejar Fabio Quartararo di posisi puncak, namun 'pahlawan' Aprilia itu setidaknya masih punya peluang finis kedua di MotoGP Catalunya.

Tapi sayang, Espargaro salah sangka. Saat balapan tersisa satu putaran, ia malah mengira sudah selesai dan berhasil finis di posisi dua. Espargaro dengan percaya diri mengurangi gas dan melakukan selebrasi saat balapan masih tersisa satu lap lagi.

Tentu ini jadi peluang bagi Jorge Martin dan Johann Zarco untuk menyalip dengan mudah. Espargaro melakukan selebrasi sambil memasuki area long lap penalty di tikungan satu dan dua. Di saat itulah pebalap di belakangnya menyalip pebalap Aprilia itu.

Bahkan, Joan Mir dan Luca Marini pun ikutan menyalip Espargaro. Espargaro baru menyadari bahwa balapan belum usai. Dia langsung gaspol. Duel sengit dengan Luca Marini pun tak terhindarkan.

"Hal yang bisa saya katakan adalah maaf untuk semua tim. Ini adalah kesalahan yang sangat tidak bisa diterima. Itu sepenuhnya kesalahan saya," tutur Espargaro dikutip Speedweek.

"Tim pit saya sangat dekat dengan tikungan pertama. Saya terkadang tak sempat melihat papan dan tidak bisa membaca jarak dengan Jorge Martin. Saya hanya ngegas terus, lalu kemudian saya melihat perbedaan waktu 0,6 detik di depan Martin. Saya melihat menara tinggi dan melihat 'R1', artinya masih ada satu putaran tersisa," beber Espargaro.

Sirkuit de Barcelona, Catalunya diketahui punya keunikan tersendiri. Terutama untuk memberi tahu sisa putaran yang harus diselesaikan pebalap.

" Di menara selalu menayangkan berapa sisa putaran yang harus dilalui. Saat pebalap terdepan mulai memasuki putaran terakhir, maka di menara akan terbaca '0'. Di beberapa sirkuit ini akan tertulis '1'. Aleix bukan pebalap pertama yang mengalami ini di Barcelona. Ini benar-benar sangat membingungkan," ungkap rekan setim Espargaro, Maverick Vinales

Dengan kejadian itu, Espargaro harus rela menyelesaikan balapan di tempat kelima di belakang Quartararo, Jorge Martin, Zarco, dan Joan Mir.



Simak Video "Marc Marquez: Roger Federer Seperti Valentino Rossi"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT