Sesal Espargaro, Gagal Podium gara-gara Selebrasi Prematur

ADVERTISEMENT

Sesal Espargaro, Gagal Podium gara-gara Selebrasi Prematur

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Minggu, 05 Jun 2022 20:11 WIB
BARCELONA, SPAIN - JUNE 03: Aleix Espargaro of Spain and Aprilia Racing rides during the free practice of the MotoGP Gran Premi Monster Energy de Catalunya at Circuit de Barcelona-Catalunya on June 03, 2022 in Barcelona, Spain. (Photo by Quality Sport Images/Getty Images)
Foto: Aleix Espargaro harus puas finis di urutan kelima meski ada peluang naik podium. Penyebabnya, Espargaro salah perhitungan. Getty Images/Quality Sport Images
Jakarta -

Aleix Espargaro seharusnya bisa naik ke podium. Dia berada di urutan kedua saat balapan menyisakan satu putaran lagi. Namun, pebalap asal Spanyol itu mengira balapan sudah selesai, padahal masih ada satu lap lagi yang harus dilalui.

Usai melintasi garis tanda menyelesaikan lap ke-23 dan masih tersisa lap terakhir, Espargaro tampak senang duluan. Dia menyangka balapan sudah selesai dan finis di urutan kedua di belakang Fabio Quartararo.

Menjelang tikungan pertama, Espargaro melepas gas. Dia melakukan selebrasi saat balapan masih menyisakan satu lap lagi.

Mengingat Espargaro melepas gas, pebalap di belakangnya yakni Jorge Martin dan Johann Zarco dengan mudah menyalipnya. Espargaro melakukan selebrasi sambil memasuki area long lap penalty di tikungan satu dan dua. Di saat itulah pebalap di belakangnya menyalip pebalap Aprilia itu.

Bahkan, Joan Mir dan Luca Marini pun ikutan menyalip Espargaro. Espargaro baru menyadari bahwa balapan belum usai. Dia langsung gaspol. Duel sengit dengan Luca Marini pun tak terhindarkan.

Akhirnya, Aleix Espargaro sukses menyalip Luca Marini. Espargaro yang dari sesi latihan bebas sampai kualifikasi cukup konsisten dan dijagokan harus puas finis di urutan kelima.

Saat memasuki paddock, tampak penyesalan Aleix Espargaro. Dia terlihat menunduk, meski timnya tetap menyemangati rider Aprilia tersebut. CEO Dorna Sport, Camelo Ezpelata juga tampak menyemangati Aleix Espargaro di paddock Aprilia.



MotoGP Catalunya ini sebenarnya menjadi momen spesial bagi Aleix Espargaro karena balapan di kandangnya sendiri. Dia bahkan balapan dengan helm spesial yang didedikasikan untuk putrinya, Mia.

Sementara itu, MotoGP Catalunya 2022 dimenangkan oleh Quartararo yang berhasil menjaga posisi terdepan dengan gap lebih dari enam detik dengan pebalap di belakangnya. Posisi dua dan tiga tak berubah sejak insiden Aleix Espargaro selebrasi prematur di lap terakhir. Duo Pramac Ducati Jorge Martin dan Johann Zarco menuntaskan balapan di urutan kedua dan ketiga.



Simak Video "Marc Marquez: Roger Federer Seperti Valentino Rossi"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/mhg)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT