Pol Espargaro Digosipkan Cabut dari Honda Musim Depan, Joan Mir Jadi Pengganti?

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 12 Mei 2022 11:17 WIB
(Dari kiri) pembalap Repsol Honda Team Marc Marquez, pembalap Red Bull KTM Factory Racing Brad Binder, pembalap Monster Energy Yamaha 
Fabio Quartararo, pembalap Gresini Racing MotoGP 
Enea Bastianini dan pembalap Repsol Honda Team Pol Espargaro mengikuti konferensi pers jelang balapan MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Kamis (17/3/2022). Ajang balapan MotoGP seri kedua 2022 tersebut akan berlangsung pada 18-20 Maret 2022. ANTARA FOTO/Andika Wahyu/foc.
Pol Espargaro bakal hengkang dari Repsol Honda? Foto: ANTARA/ANDIKA WAHYU
Jakarta -

MotoGP 2022 baru berjalan 6 seri, namun telah muncul berbagai isu liar terkait komposisi pebalap musim depan. Salah satu isu hangat yang ramai dibahas adalah kabar hengkangnya Pol Espargaro dari tim Repsol Honda dan akan digantikan posisinya oleh pebalap Suzuki, Joan Mir.

Seperti dikutip dari Crash, Espargaro masih memiliki sisa kontrak di musim 2023 bersama Repsol Honda. Namun kabarnya Honda tidak melanjutkan kerja sama itu. Sebagai gantinya, Honda dikabarkan bakal merekrut pebalap Spanyol lainnya, Joan Mir.

Pihak Repsol Honda memang belum mengumumkan keputusan apapun terkait masa depan Espargaro, tapi dalam sebuah wawancara kepada El Espanol, Espargaro mengaku gugup ketika berbicara tentang kontrak.

"Semua pebalap ingin memperbarui (kontraknya) dan melanjutkan di MotoGP karena itu adalah pekerjaan kami dan dari sanalah mata pencaharian kami berasal, sama seperti orang lain," kata Espargaro.

"(Tapi) ketika tiba saatnya untuk (menegosiasikan) kontrak, ada kegugupan dan kesalahan tertentu yang dibuat karena kecemasan," sambung Espargaro.

Sejauh ini Espargaro memang belum menunjukkan performa maksimal bersama Repsol Honda. Dari 6 seri awal MotoGP 2022, capaian terbaik Espargaro adalah podium tiga di MotoGP Qatar.

LAGOA, ALGARVE, PORTUGAL - NOVEMBER 07: Joan Mir of Spain and Team Suzuki ECSTAR celebrates the second place on the podium during the MotoGP race during the MotoGP Of Portugal - Race on November 07, 2021 in Lagoa, Algarve, Faro. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)Joan Mir Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp

Selebihnya Espargaro berkutat di posisi tengah, yakni posisi 12 di Mandalika, lalu tidak menyelesaikan balap di Argentina karena crash, kemudian finis di posisi 13 MotoGP Amerika, posisi 9 di MotoGP Portugal, dan posisi 11 di MotoGP Spanyol.

Di klasemen pebalap sementara saat ini Espargaro menghuni peringkat 12 dengan mengemas 35 poin. Sementara rekannya, Marc Marquez, berada pada posisi 9 dengan 44 poin.

Terkait kabar Joan Mir bergabung dengan tim Honda, hal itu memang sangat mungkin terjadi. Sebab dengan bekal juara MotoGP 2020, Joan Mir dinilai memiliki kualitas untuk berduet dengan Marc Marquez. Terlebih tim Joan Mir saat ini, Suzuki, dikabarkan ingin keluar dari MotoGP musim depan.

(lua/dry)