ADVERTISEMENT

Inikah Sebab Suzuki Mau Mundur dari MotoGP di Akhir Musim 2022?

dry - detikOto
Selasa, 03 Mei 2022 13:20 WIB
Tim Suzuki Ecstar MotoGP 2022
Suzuki dikabarkan bakal mundur dari perhelatan MotoGP di akhir musim 2022. Apa sebabnya? Foto: Dok. MotoGP
Jakarta -

Kabar mengejutkan datang Suzuki. Pabrikan asal Negeri Sakura itu dikabarkan bakal mundur dari perhelatan MotoGP 2022. Kabar itu berhembus usai tes di Jerez berakhir.

Tim pabrikan Suzuki tampak berkumpul di bawah pimpinan Project Manager Shinichi Sahara. Kemudian Shinichi mengungkap bahwa manajemen memutuskan bahwa Suzuki Motor Company mundur dari MotoGP pada akhir musim 2022. Manajer tim Suzuki Ecstar Livio Suppo pun ikut terkejut dibuatnya.

Alasan Finansial Bikin Suzuki Mundur dari MotoGP?

Sejauh ini, Suzuki belum mengungkap alasan di balik pengundurannya tersebut. Satu spekulasi yang bermunculan adalah Suzuki tengah mengalami masalah finansial usai dihantam pandemi Corona. Suzuki disebut harus menyimpan uang guna keperluan riset e-mobility.

Di sisi lain, Suzuki juga harus merogoh kocek cukup dalam untuk berlaga di kelas premier tanpa sponsor utama. Mengutip Speedweek, manajemen Suzuki memang hanya menandatangani versi final kontrak lima tahun pada November 2021.

Sedangkan untuk rencana enam bulan ke depan di Jepang seluruhnya dibatalkan meskipun Alex Rins dan Joan Mir tengah bertarung merebut kejuaraan dunia MotoGP musim 2022. Rins saat ini menghuni posisi empat klasemen sementara Mir berada di tempat keenam.

Apabila kabar ini benar ini sekaligus membuat Suzuki untuk kedua kalinya mundur dari MotoGP setelah juga tak berpartisipasi pada periode 2012-2014. Ketika itu Suzuki memutuskan mengumumkan undur diri dari MotoGP di penghujung musim 2011 karena terimbas krisis finansial global.

Dengan begitu maka hanya ada lima tim pabrikan yang akan balapan yaitu, Honda, Yamaha, Ducati, KTM, dan Aprilia.

Dikutip dari The Race, Suzuki menjadi salah satu tim dengan dana operasional paling minim yang ada di grid MotoGP.

Dibanding beberapa pabrikan lain yang punya sponsor utama besar, Suzuki memang tak memiliki itu. Sebagai catatan, Ecstar, yang menjadi sponsor utama, masih berada satu payung perusahaan dengan Suzuki sendiri.

Hal ini tentunya berbeda dengan Honda yang didukung Repsol, Yamaha yang mendapat suport dari Monster, KTM dengan Red Bull-nya, serta Ducati bersama Lenovo.

Selain itu rumor pengunduran diri Suzuki dari MotoGP sudah jelas akan memengaruhi masa depan dua pebalapnya: Alex Rins dan Joan Mir. Kedua pebalap itu mesti mencari tim anyar untuk musim 2023. Sedangkan Mir, juara dunia MotoGP 2020, belakangan santer dikaitkan dengan kepindahan ke Repsol Honda.

Mengutip detikSport, Suzuki disebut-sebut akan mengeluarkan pernyataan resmi terkait rumor pengunduran dirinya dari MotoGP pada Selasa (3/5/2022) pagi waktu setempat.



Simak Video "Bos Suzuki soal Pawang Hujan MotoGP: Belum Pernah Lihat Sebelumnya"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT