ADVERTISEMENT

Mejan di MotoGP, Tim Satelit Yamaha Razlan Razali Bisa Diganti Tim Valentino Rossi

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Minggu, 17 Apr 2022 12:16 WIB
WithU Yamaha RNF resmi diperkenalkan
Tim WithU Yamaha RNF belum menunjukkan performa terbaiknya di MotoGP 2022. Foto: Yamaha
Jakarta -

Pengamat MotoGP, Carlo Pernat, memprediksi tim balap Mooney VR46 bakal mengisi posisi tim satelit Yamaha di musim depan. Ia menilai jika tim satelit RNF Yamaha tidak akan diperpanjang kontraknya yang berakhir musim ini.

Saat ini Yamaha memiliki tim satelit yang dipimpin oleh Razlan Razali. Untuk musim ini, tim satelit baru itu bernama WithU RNF Yamaha, menggantikan sponsor Petronas SRT yang kontraknya tidak diperpanjang lagi.

Namun, kerjasama Yamaha dengan RNF ini hanya berjalan satu musim saja hingga akhir 2022. Akan tetapi ada opsi perpanjangan kontrak selama satu hingga dua musim ke depan, yang berarti bisa berakhir di musim 2024 mendatang.

Carlo Pernat menyebut bahwa dirinya tak yakin jika kontrak RNF akan diperpanjang oleh Yamaha. Apabila RNF sudah tak lagi menjadi tim satelit Yamaha, Pernat memprediksi tim balap milik Valentino Rossi bakal mengisi kekosongan tersebut.

"Saya tidak yakin RNF akan bertahan dengan Yamaha. Semuanya membuat saya berpikir bahwa Yamaha dan Valentino Rossi akan menjalin kerja sama lagi dengan tim Mooney VR46," kata Carlo Pernat melansir Paddock GP.

Prediksi Pernat bisa saja benar terwujud. Jika berkaca dari performa tim satelit Yamaha, hingga saat ini masih belum menunjukkan performa terbaiknya dan tercecer di posisi belakang.

Dua rider WithU Yamaha RNF, Darryn Binder dan Andrea Dovizioso kesulitan bersaing dengan pebalap lain. Hingga empat seri berlangsung, Darryn Binder menempati posisi ke-19 klasemen MotoGP dengan meraih 6 poin.

Pebalap asal Afrika Selatan itu berhasil mendulang poin saat tampil di MotoGP Mandalika. Darryn Binder berhasil finis di urutan ke-10 dan berhak meraih enam poin, satu-satunya poin yang ia koleksi sejauh ini.

Lalu, rekan setimnya Andrea Dovizioso makin terpuruk dengan menempati posisi ke-21 dan mendulang 3 poin saja. Poin tersebut dia raih saat tampil di MotoGP Qatar (2 poin) dan MotoGP Amerika Serikat (1 poin).

Memang jalannya seri di musim ini masih panjang, dua pebalap satelit Yamaha ini masih bisa merangkak naik ke papan tengah klasemen atau bahkan menembus peringkat 10 besar.

Sementara itu, kontrak tim Mooney VR46 dengan Ducati berakhir pada 2024 mendatang. Saat ini tim balap milik Valentino Rossi itu bergabung dengan sejumlah tim satelit Ducati lainnya yakni Pramac Racing dan Gresini Racing.

(lua/riar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT