ADVERTISEMENT

Marc Marquez 'Dikudeta', Jorge Martin Raja Baru COTA

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Minggu, 10 Apr 2022 09:24 WIB
Jorge Martin meraih pole postion di MotoGP Amerika Serikat 2022 yang digelar di Circuit of the America pada Sabtu (9/4/22) dini hari WIB.
Jorge Martin berhasil meraih pole postion dan mencatatkan rekor lap di MotoGP Amerika Serikat 2022 (Instagram @88jorgemartin)
Jakarta -

Pebalap tim satelit Ducati Pramac Racing, Jorge Martin berhasil merebut takhta sebagai pebalap tercepat dalam satu lap, di Ciruit of The America (COTA). Rekor ini pecah pada sesi kualifikasi kedua (Q2) MotoGP Amerika Serikat 2022.

Sebelumnya rekor lap MotoGP Amerika Serikat dipegang oleh Marc Marquez. Pebalap tim Repsol Honda MotoGP ini pada 2015 silam, berhasil mencatatkan waktu 2 menit 02,135 detik.

Kini takhta rekor lap MotoGP Amerika Serikat dipegang oleh pebalap 24 tahun asal Spanyol, Jorge Martin. Dengan Ducati Desmosedici-nya, ia berhasil mencatatkan rekor lap baru di angka 2 menit 02,039 detik.

"Saya tidak menyangka akan meraih pole position kali ini," ujar Jorge Martin kepada Speedweek.

"Saya berhasil mencatatkan lap yang baik di sesi Q1. Itu membuat saya menjadi percaya diri, sehingga bisa membuat lap yang baik di Q2. Lalu saya juga berhasil membuat slipstream yang sempurna dari Johann (Zarco) dan itu kenapa saya bisa membuat lap yang kuat ini," lanjut Martin.

Bagi Jorge Martin, keberhasilannya menjadi yang tercepat pada sesi kualifikasi di MotoGP Amerika Serika 2022 ini harusnya layak mendapatkan hadiah ganda. Sebab, dirinya harus berjuang keras usai insiden kecelakaan di sesi latihan bebas sehari sebelumnya.

"Harusnya ini (hasil kualifikasi) dihitung dua, karena saya jatuh pada sesi latihan bebas. Meski demikian saya masih tak menyangka akan dapat pole position di sini," ujar Martin.

Martin tak mau sesumbar dan tetap mengantisipasi rival sesama Ducati-nya di MotoGP Amerika Serikat kali ini. Menurutnya, keberadaan Ducati yang mendominasi urutan terdepan membuat pertarungan justru lebih berat.

"Berada di Austin ini menyenangkan. Saya benar-benar menikmatinya. Namun saya harus fokus pada balapan, karena kali ini tidak akan mudah dengan semua Ducati di belakang saya. Kami harus berjuang sampai akhir," tutupnya.

Kendatipun Jorge Martin berhasil 'mengkudeta' salah satu rekor Marquez di COTA, nyatanya kakak kandung dari Aleix Marquez ini masih memegang tahta tertinggi sebagai penguasa COTA.

Marquez tercatat berhasil meraih enam kali kemenangan beruntun sejak 2013 hingga 2018 di MotoGP Amerika Serikat ini. Pada 2019, ia harus merelakan posisi terdepan karena terjatuh ketika memimpin lomba. Lalu pada 2021 lalu, dirinya kembali merajai MotoGP Amerika Serikat.



Simak Video "Marc Marquez: Roger Federer Seperti Valentino Rossi"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT