ADVERTISEMENT

Lin Jarvis: Sirkuit Mandalika Cocok untuk Motor Yamaha

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 17 Mar 2022 08:10 WIB
Gelaran tes pramusim MotoGP 2022 menarik perhatian warga di sekitar Sirkuit Mandalika. Tak sedikit warga yang menonton tes pramusim MotoGP itu dari perbukitan.
Fabio Quartararo saat melakukan tes pramusim di Sirkuit Mandalika. (ANTARA/ANDIKA WAHYU)
Jakarta -

Managing Director Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis, menyambut dengan antusias gelaran MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika. Menurut Jarvis, sirkuit ini bakal sangat cocok dengan motor Yamaha YZR-M1.

Indonesia siap menggelar MotoGP di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 18-20 Maret 2022. Sirkuit Mandalika bakal menghadirkan tantangan tersendiri karena ini sirkuit baru pertama kali menggelar MotoGP dan baru saja diaspal ulang treknya di sejumlah titik.

Diungkapkan Managing Director Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis, Fabio Quartararo dkk optimis bisa menghadirkan performa terbaik di Sirkuit Mandalika karena lay out-nya cocok dengan karakter motor Yamaha YZR-M1. Terlebih Quartararo tampil cukup bagus saat tes pramusim bulan Februari lalu.

KUALA LUMPUR, MALAYSIA - FEBRUARY 06: Lin Jarvis of Britain and Monster Energy Yamaha MotoGP Team speaks during the 2020 Team Monster Energy Yamaha MotoGP presentation during the MotoGP Pre-Season Teams Unveiling at Sepang Circuit on February 06, 2020 in Kuala Lumpur, Malaysia. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)Managing Director Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis (tengah) Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp

"Saya pikir kami akan melakukan yang terbaik di Indonesia. Kami mendapat hasil tes yang cukup bagus di sana. Ini adalah trek yang lebih cocok untuk (motor) Yamaha. Kami juga dapat menghindari masalah tekanan ban di sana," kata Jarvis dikutip dari Motosan, Rabu (16/3/2022).

Yamaha sendiri tampil tidak cukup baik di seri MotoGP Qatar 2022. Hadir sebagai juara bertahan di Sirkuit Losail, Fabio Quartararo hanya bisa finis pada peringkat ke-9, disusul Franco Morbidelli di peringkat ke-11.

Seri kedua MotoGP 2022 yang dilaksanakan di Sirkuit Mandalika bisa menjadi pembuktian mengenai kepantasan Yamaha untuk mempertahankan gelar juara dunia.

Tes pramusim untuk seri balap MotoGP 2022 akan digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah. Sejumlah persiapan pun dilakukan jelang gelaran tersebut. Lihat yuk.Sirkuit Mandalika Foto: ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI

Sedikit fakta mengenai Sirkuit Mandalika, sirkuit ini memiliki total panjang lintasan utama kurang lebih 4,3 km, dengan 17 tikungan (6 ke kiri dan 11 ke kanan). Sirkuit Mandalika memiliki lebar 15 meter dengan panjang lintasan lurus sekitar 507 meter.

Sirkuit yang dibangun sejak akhir 2019 ini sudah menyelenggarakan beberapa event balap motor bergengsi, seperti WSBK (World Superbike) dan IATC (Idemitsu Asia Talent Cup) pada akhir 2021 lalu. Kemudian pada Februari 2022, Sirkuit Mandalika menggelar sesi tes pramusim MotoGP 2022.



Simak Video "Ribuan UMKM Meriahkan Gelaran MotoGP Mandalika"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT