Marc Marquez sampai Vinales Siap Konvoi ke Bundaran HI Besok

Dina Rayanti - detikOto
Selasa, 15 Mar 2022 18:47 WIB
Pembalap Repsol Honda Team MotoGP Marc Marquez memacu sepeda motornya pada hari pertama tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (11/2/2022). Sesi tes pramusim di sirkuit Mandalika tersebut akan berlangsung hingga Minggu (13/2/2022). ANTARA FOTO/Andika Wahyu/rwa.
Marc Marquez sampai Maverick Vinales bakal konvoi di Jakarta sebelum balapan di Mandalika (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)
Jakarta -

Para pebalap MotoGP dijadwalkan bakal bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta. Sejauh ini ada belasan pebalap MotoGP yang diperkirakan akan hadir.

Para pebalap itu akan hadir bersama dengan motor balap yang bakal digunakan untuk berlaga di Pertamina Mandalika International Street Circuit. Setelah itu, Jokowi akan melepas para pebalap untuk melakukan iring-iringan menuju Bundaran HI.

"Presiden besok akan beraudiensi dengan para pembalap MotoGP yang berlomba di Mandalika. Ada belasan pembalap yang hadir dan tentunya nama-nama yang sudah tidak asing bagi penggemar MotoGP, seperti yaitu Marc Marquez, Joan Mir, Alex Rins, Francesco Bagnaia, Jack Miller, Maverick Vinales, Alex Marquez, dan Takaaki Nakagami," ucap Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono di Jakarta, Selasa (15/3/2022).

Aksi Aleix Espargaro dan Maverick Vinales di sirkuit Mandalika.Aksi Maverick Vinales di sirkuit Mandalika. Foto: doc. PT Piaggio/Aprilia

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan pihaknya akan menutup ruas jalan dari Istana Merdeka, yakni Jl Medan Merdeka Barat, Jl MH Thamrin, dan berakhir di kawasan Bundaran HI. Dia menyebut jalan bakal ditutup pada Rabu (16/3), pukul 10.00-11.00 WIB.

Dia menyebut parade MotoGP itu hanya akan memakai jalur dari arah Istana hingga Bundaran HI. Menurutnya, para pengguna jalan dari arah Bundaran HI ke Istana tetap dapat melintas seperti biasa.

Nantinya iring-iringan pebalap MotoGP ke Bundaran HI itu bisa disaksikan langsung melalui Youtube Sekretariat Presiden mulai pukul 09.30 WIB.

"Jadi untuk besok, Presiden hanya beraudiensi dan setelah itu melepas para pembalap dengan motor balap masing-masing. Presiden tidak ikut dalam iring-iringan tersebut," kata Heru.

Pihak Dorna Sport menjelaskan bahwa kehadiran para pembalap MotoGP di Jakarta sebelum berlomba di Mandalika, sebagai bentuk apresiasi atas kerja keras Pemerintah Indonesia dalam mempersiapkan MotoGP di Indonesia.

"Dan ini merupakan tahun pertama dari 10 tahun kerjasama. Oleh karena itu, sebagai respek kami, para pembalap akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo besok. Kami juga mengucapkan terima kasih atas waktunya Bapak Presiden," ucap Chief Sporting Officer Dorna Sports Carlos Ezpeleta.



Simak Video "Potret Liburan Pebalap MotoGp di Mandalika: Lihat Sunset hingga Anak Sekolah"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)