ADVERTISEMENT

Tampil di Kejurnas Balap Mobil, Honda Racing Indonesia Usung Mesin Standar

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Senin, 14 Mar 2022 07:38 WIB
Skuat Honda Racing Indonesia
Foto: Honda Racing Indonesia
Jakarta -

PT Honda Prospect Motor (HPM) bersama tim balap Honda Racing Indonesia (HRI) telah meluncurkan komposisi pebalap yang akan tampil di ajang balap nasional. Menariknya, ada dua mobil baru yang diusung oleh Honda saat mengikuti balapan.

Musim ini HRI akan mengikuti sejumlah kejuaraan nasional, salah satunya Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM). Honda akan ikut serta dalam ajang Indonesia Touring Car Race (ITCR) kelas 1.200 cc dan 1.500 cc. Terbaru, pebalap HRI juga akan terjun di kelas Super Touring Car (STC-R) 3.600 cc.

Pebalap Honda Racing Indonesia, Alvin Bahar akan terjun di kelas STC-R 3.600 cc dengan mengendarai Honda Civic Type R. Mobil sport flagship dari Honda itu akan tampil untuk pertama kalinya di Sirkuit Sentul pada kejuaraan nasional.

Sementara di kelas ITCR 1.500 cc, akan diisi oleh pebalap muda Avila Bahar. Dirinya akan mengendarai mobil terbaru yakni Honda City Hatchback RS di musim ini.

Walau tampil di kejuaraan nasional, Alvin Bahar mengungkapkan tetap menggunakan mesin mobil yang sesuai standar dan sedikit modifikasi. Hal ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar kemampuan mobil tersebut saat tampil di lintasan.

"Saya tetap akan menggunakan Honda Civic type R dengan mengusung mesin standar dulu dan minim modifikasi. Karena kami akan memaksimalkan kemampuan dari mesin Honda tersebut dan ini sejalan dengan konsep kami," kata Alvin Bahar dalam konferensi pers virtual, Jumat (11/3/2022).

"Nah di kelas ITCR 1.500 cc ini HRI akan menggunakan mobil baru yakni Honda City Hatchback RS. Sama seperti yang dipakai pada Civic Type R, mobil tersebut juga tidak ada perubahan signifikan pada mesin," jelasnya.

Meski tidak melakukan perubahan besar pada sektor tenaganya, Alvin mengatakan ada beberapa komponen di dalam mesin yang tetap dimodifikasi. Hal ini agar sesuai dengan standar balapan di sirkuit.

Avila BaharAvila Bahar Foto: dok.Honda Racing Indonesia

"Saat balapan di sirkuit mobil harus dipacu semaksimal mungkin selama beberapa lap, jadi kita tetap melakukan sejumlah perubahan, misalnya pada bagian suspensi dan pengereman. Kalau di bagian mesin kita menambahkan air cooling," ujar Alvin.

Musim ini Honda Racing Indonesia akan terjun di sejumlah kejuaraan balap nasional, mulai dari Indonesia Touring Car Race (ITCR) 1.200 cc, ITCR 1.500 cc, STC-R 3.600 cc, slalom nasional kelas A (Woman), dan kelas A (Man).



Simak Video "Hati-hati! Konsumen Ini Ditipu Sales saat Beli mobil di Dealer Resmi Honda"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/dry)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT