PR Sirkuit Pertamina Mandalika Sambut MotoGP Bulan Depan: Jaga Kebersihan

ADVERTISEMENT

PR Sirkuit Pertamina Mandalika Sambut MotoGP Bulan Depan: Jaga Kebersihan

Tim detikcom - detikOto
Minggu, 13 Feb 2022 20:14 WIB
Tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika memasuki hari kedua. Karena digelar tanpa penonton, warga pun hanya bisa menyaksikan dari kejauhan.
Para pebalap disebut puas dengan Sirkuit Pertamina Mandalika. Tapi PR-nya untuk menyambut MotoGP 2022 Maret adalah soal kebersihan trek. Foto: ANTARA/ANDIKA WAHYU
Jakarta -

Grand Prix Safety Officer FIM Franco Uncini memberikan komentar terkait lintasan Sirkuit Pertamina Mandalika yang sempat kotor pada hari pertama tes pramusim MotoGP. Ini menjadi pekerjaan rumah (PR) untuk Sirkuit Pertamina Mandalika dalam menyambut balapan MotoGP Pertamina Grand Prix Of Indonesia 2022 bulan depan.

Uncini bilang, secara keseluruhan Sirkuit Pertamina Mandalika sudah baik. Namun, yang harus dijaga adalah kebersihannya.

"Pertama, harus dibersihkan dengan benar, dengan sangat baik, dan tidak ada lagi selain itu karena semuanya sudah baik dan para pebalap puas," kata Uncini dikutip Antara.

Menurutnya, lintasan kotor yang sempat mewarnai tes pramusim MotoGP hanya sedikit debu di trek.

"Mungkin karena belum siap untuk tes ini tentunya karena banyak pekerjaan di sekitar sirkuit," kata Uncini.

Penyelenggara akhirnya rutin melakukan pembersihan trek. Terbukti, pada hari kedua dan ketiga ini, lintasan jauh lebih bersih ketimbang hari pertama.

"Hal ini sudah terkendali, karena hanya membutuhkan mesin (track jet) untuk membersihkannya, masalah sudah terselesaikan," ucap Uncini.

Wakil Presiden Direktur Mandalika Grand Prix Association Cahyadi Wanda memastikan, pekerjaan sirkuit pada awal Maret 2022 akan kelar. Jadi, pada balapan MotoGP tidak akan ada lagi pekerjaan pembangunan.

"Di awal Maret ini jadi semua, jadi waktu mereka masuk ke sini sudah tidak ada pembangunan, itu yang menjadi kunci," katanya,

Salah satu race direction MotoGP Lorris Capirossi mengatakan, Sirkuit Pertamina Mandalika yang kotor adalah sebuah kondisi normal untuk sebuah trek baru. Menurutnya, sirkuit baru yang pertama dipakai MotoGP punya kendala masing-masing.

"Semua trek baru menemui masalah saat menjalani debut, di Finlandia kondisinya juga sulit, pun begitu ketika di Argentina. Masih ada pekerjaan yang dilakukan di Mandalika, treknya berdebu dan berpasir, bukan kondisi yang sempurna," kata Capirossi

Balapan MotoGP Pertamina Grand Prix Of Indonesia 2022 dijadwalkan akan digelar pada 18-20 Maret 2022. Indonesia menjadi tuan rumah kedua MotoGP 2022 setelah dilaksanakan di Qatar pada 4-6 Maret 2022.



Simak Video "Siapin Tabungan! Ini Bocoran Jadwal MotoGP Mandalika 2023"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/mhg)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT