Dua Pekan Lagi Dipakai Tes MotoGP, Intip Persiapan Sirkuit Mandalika

ADVERTISEMENT

Dua Pekan Lagi Dipakai Tes MotoGP, Intip Persiapan Sirkuit Mandalika

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Sabtu, 29 Jan 2022 18:34 WIB
Ajang World Superbike sukses digelar di sirkuit Mandalika Lombok NTB pada November lalu. Di bulan Maret 2022, sirkuit kebanggaan Indonesia itu bakal masuk dalam kalender MotoGP 2022. Mandalika terus berbenah.
Foto: Rachman_punyaFOTO
Jakarta -

Indonesia Tourism Development Corporation (IDTC) bersama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) terus menyelesaikan sejumlah fasilitas di Sirkuit Mandalika. Hal ini dilakukan guna menyambut ajang balap MotoGP yang digelar Maret dan tes pramusim yang dilangsungkan pertengahan Februari

Dalam siaran resmi yang diterima detikOto, sejumlah fasilitas di Sirkuit Mandalika terus dikejar pembangunannya. Fasilitas tersebut antara lain sistem saluran air (drainase) track, pembangunan tribun penonton, hingga pembenahan main track.

Direktur Teknik dan Operasi MGPA Samsul Purba mengatakan, pihak MGPA dan IDTC terus berupaya mempercepat perbaikan serta melengkapi sarana dan prasarana yang ada di Sirkuit Mandalika. Hal ini dilakukan untuk memenuhi standar internasional yang telah ditetapkan oleh Dorna Sport dan FIM.

Pembangunan Fasilitas Sirkuit MandalikaPembangunan Fasilitas Sirkuit Mandalika Foto: ITDC

"Kami berupaya untuk mempercepat perbaikan serta melengkapi sarana prasarana yang ada di Sirkuit ini untuk memaksimalkan perhelatan balap akbar MotoGP di Mandalika Circuit pada 18-20 Maret 2022, dan Mandalika MotoGP Official Test pada 11-13 Februari mendatang. Kami memastikan seluruh pekerjaan ini telah dilakukan dengan memperhatikan berbagai aspek teknis sehingga dapat memenuhi persyaratan standar yang diminta Dorna Sport maupun FIM," kata Samsul Purba.

Selain perbaikan pada fasilitas penunjang di Sirkuit, ITDC Group juga tengah fokus mempersiapkan perekrutan dan pelatihan marshal. Persiapan rekrutmen marshal telah dimulai dengan proses pendaftaran pada hari ini Jumat (28/1) hingga Minggu (30/1).

Proses ini dilakukan dengan mengundang para marshal yang sebelumnya telah berpengalaman pada event WSBK 2021 untuk kembali mengajukan diri dan berpartisipasi pada Mandalika MotoGP Official Test dan MotoGP 2022.

Lebih lanjut, Samsul mengatakan jika proses perekrutan dan pelatihan marshal terus dilakukan dengan tetap berkoordinasi dan mendapatkan persetujuan dari Ikatan Motor Indonesia (IMI). Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia (SDM) lokal sekaligus memastikan kesiapan penyelenggaraan balapan.

Pembangunan Fasilitas Sirkuit MandalikaPembangunan Fasilitas Sirkuit Mandalika Foto: ITDC

"Kami berupaya meningkatkan kesiapan SDM di Indonesia, khususnya Lombok, dalam menyambut dan menyelenggarakan event balap motor bergengsi di Pertamina Mandalika Circuit. Dalam upaya peningkatan kemampuan SDM lokal sekaligus memastikan penyelenggaraan berjalan sukses tersebut, kami akan mengkombinasikan SDM lokal dengan SDM yang telah berpengalaman dalam event balap serupa di level internasional," ungkapnya.

"Untuk itu, kami akan menyiapkan petugas Clerk of The Course (COC) yakni Tamo ex COC MotoGP Sepang dan Tony Witaker ex COC WSBK di The Mandalika tahun lalu. Harapannya akan ada transfer knowledge dan pengalaman dari pihak-pihak yang berpengalaman kepada SDM lokal sehingga memperkuat persiapan para marshal dalam menghadapi event-event di Pertamina Mandalika Circuit di masa yang akan datang," pungkas Samsul.

Sirkuit Mandalika akan menggelar tes pramusim MotoGP pada 11-13 Februari 2021. Sementara itu, balapan sendiri akan digelar pada 18-20 Maret mendatang setelah seri perdana MotoGP Qatar.



Simak Video "MGPA Buka Suara Soal Rumor Mandalika Jadi Seri Pembuka MotoGP 2023"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT