Di Jakarta Masih Ribut-ribut, Mobil Terbaru Formula E Gen3 Mulai Unjuk Gigi

Doni Wahyudi - detikOto
Selasa, 30 Nov 2021 15:41 WIB
Formula E Gen3
Siluet mobil Formula E terbaru, Gen3 (fiaformulae.com)
Jakarta -

Perihal penyelenggaraan Formula E masih jadi pembahasan yang ramai dan panas di Indonesia. Di sisi lain, si pemilik hajatan balap mobil listrik itu, FIA, baru saja memberi bocoran mobil Formula E paling anyar yang akan dipakai musim depan.

Formula E musim 2022 baru akan dimulai pada Januari 2022 mendatang. Tahun depan balapan akan akan dilangsungkan sebanyak 16 seri di 12 negara berbeda. Indonesia menjadi pendatang baru, di mana balapan bakal dilangsungkan di Jakarta.

Hingga kini rencana penyelenggaraan balapan Formula E masih menjadi tarik ulur serta memunculkan pro dan kontra. Terlepas dari hiruk pikuknya di tanah air, penyelenggara Formula E baru saja memberikan bocoran mobil baru yang akan dipakai musim depan.

Formula E Gen3Formula E Gen3 Foto: fiaformulae.com

Mobil anyar tersebut akan disebut sebagai Gen3, melanjutkan Spark-Renault SRT_01E (yang kerap disebut sebagai Gen1) dan Spark SRT05e (yang disebut sebagai Gen2).

Dikutip dari racefans, mobil Formula E Gen3 bakal lebih ringan bobotnya dibanding mobil Gen2. Bobotnya kira-kira berada di angka 903 kg dengan ada pebalap mengendarainya.

Secara dimensi juga mendapat pemangkasan, di mana panjangnya menjadi 5,16 meter, lebar 1,77 meter, dan tinggi 1,05 meter.

Namun perubahan terbesar pada mobil ini ada pada mesinnya. Disebutkan kalau mobil ini akan punya kemampuan meregenerasi tenaga dua kali lebih besar dibanding pendahulunya. Mobil Formula E Gen3 memiliki tenaga 350Kw (470 bhp) dengan kecepatan maksimal mencapai 320 km/jam.

Formula E Gen3Formula E Gen3 Foto: fiaformulae.com

"Gen3 merupakan mobil kami yang tercepat, teringan, dan paling bertenaga, serta merupakan mobil balap paling efisien. Itu adalah sesuatu yang diciptakan untuk habitatnya: balapan di jalanan dalam kota dan duel sengit jarak dekat," demikian pernyataan FIA dikutip dari racefans.

"Kami menantikan untuk menjadi saksi bagaimana mobil ini akan menginspirasi dan memunculkan semangat untuk pencinta balap mobil di masa depan, yang berada di kota-kota di seluruh dunia, di mulai pada musim kesembilan FIA Formula E world championship," lanjut pernyataan itu.

Pengurangan dimensi yang kemudian diiringi penambahan power diklaim Formula E membuat mobil Gen3 sangat cocok untuk digeber di sirkuit-sirkuit jalanan dalam kota.



Simak Video "Ancol Disebut Pilihan Tepat untuk Sirkuit Formula E, Apa Alasannya?"
[Gambas:Video 20detik]
(din/rgr)