ADVERTISEMENT

Cerita Bamsoet Crash di Sprint Rally, Tetap Tenang Saat Mobil 'Salto'

Yudistira Imandiar - detikOto
Minggu, 28 Nov 2021 22:00 WIB
Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet), dan pembalap nasional, Sean Gelael, mengalami kecelakaan saat mengikuti ajang Sprint Rally Meikarta 2021, di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Usai kecelakaan, Bamsoet mengungkapkan kondisinya dan Sean aman.
Foto: (Tangkapan layar)
Jakarta -

Sempat mengalami kecelakaan saat mengikuti Kejurnas Sprint Rally 2021 di Meikarta, Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengaku tak kapok. Beberapa saat usai insiden yang dialaminya saat menjadi navigator Sean Gelael, Bamsoet langsung turun menjajal lintasan drifting bersama drifter Akbar Rais.

Bamsoet yang menggunakan Mobil Citroen C3 R5 tak mengalami masalah berarti meskipun mobilnya sempat berguling tiga kali dan rusak cukup parah.

"Alhamdulillah saya serta Sean selamat tanpa mengalami luka-luka. Selain karena kendaraan Citroen C3 R5 yang terkenal memiliki tingkat safety level internasional, yang di homologasi World Rally kelas 2, saya dan Sean bisa selamat dari kecelakaan karena Sean yang berada di balik kemudi bisa tetap tenang walau posisi mobil terbalik. Bahkan Sean keluar membalikkan sendiri mobil yang miring, sementara saya tetap berada di dalam dan Sean membantu saya keluar tanpa bantuan orang lain," cerita Bamsoet dalam keterangannya, Minggu (28/11/2021).

"Di situ saya menyaksikan langsung mental Sean sebagai pembalap level dunia. Meski mobil terbalik, ia tetap tenang. Menanyakan keadaan saya, dan kemudian mengarahkan agar saya tidak bergerak, Sean keluar mobil dulu, baru membantu saya keluar dari mobil," imbuhnya usai membuka serta mengikuti Kejurnas Sprint Rally 2021 di Meikarta, Bekasi, Sabtu (27/11).

Walaupun mengalami kecelakaan di pengalaman pertamanya mengikuti sprint rally, Bamsoet mengaku tetap senang. Ia menyebut setiap olahraga ekstrim memiliki risiko tersendiri.

"Pengalaman berkesan yang tidak akan terlupakan. Bukan karena kecelakaannya, melainkan karena bisa mengetahui bagaimana rasanya perjuangan para atlet saat berada di lintasan balap. Apalagi jika sedang berjuang di kejuaraan internasional untuk mengharumkan nama bangsa," jelas Bamsoet.

Bamsoet menunjukkan nyalinya tak ciut meski sempat 'salto' di dalam mobil. Ia langsung menjajal sensasi drifting dengan menjadi navigator Akbar Rais, berduel dengan drifter Dani Ferdito

"Sensasi drifting bersama Akbar Rais sangat luar biasa. Tidak heran jika Akbar Rais menjadi drifter papan atas Indonesia, bahkan juga untuk level internasional. Walaupun sempat mengalami kecelakaan bersama Sean Gelael saat menjadi eksibisi di Sprint Rally, namun saya tetap bisa mengikuti drifting dengan nyaman. Tidak ada ketakutan sama sekali," kata Bamsoet usai menjadi navigator Akbar Rais dalam Kejurnas Drifting 2021 di Meikarta, Bekasi, Sabtu (27/11).

Ketua DPR RI ke-20 ini mengulas Akbar Rais telah menorehkan berbagai prestasi mengharumkan Indonesia, antara lain posisi tiga World Drive Championship di Jerman (2016) dan menjadi juara King of Asia di Malaysia (2017).

"Kini sebagai baktinya dalam pengembangan drifting di Indonesia, Akbar Rais mendirikan sekolah balap Juragan99XAR Drift School, bersama rekannya Gilang Widya Pramana. Dari sekolah tersebut diharapkan bisa lahir para drifter handal yang bisa melebihi kemampuan Akbar Rais, sehingga bisa semakin membuat nama Indonesia bergema di berbagai kejuaraan drifting dunia," papar Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menyatakan event drifting memiliki daya tarik tersendiri. Event ini memberikan hiburan dari aksi para drifter membawa mobilnya 'ngepot'. Ia berharap perkembangan drifting di Indonesia juga semakin meningkat.

(akd/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT