ADVERTISEMENT

5 Fitur Keselamatan Penting yang Terdapat di Mobil Reli

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Minggu, 28 Nov 2021 12:12 WIB
Mobil Reli Skoda
Mobil reli dibekali sejumlah fitur safety yang mumpuni. Foto: Skoda
Jakarta -

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) dan pebalap nasional Sean Gelael kecelakaan saat mengikuti ajang Sprint Rally Meikarta 2021 di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Kendati mobil terguling sampai beberapa kali, Bamsoet dan Sean selamat dalam kecelakaan tersebut.

Salah satu faktor dibalik selamatnya Bamsoet dan Sean adalah fitur keselamatan pada mobil reli. Layaknya mobil balap pada umumnya, tentu mobil reli yang dipacu di tanah dan aspal ini memerlukan tingkat keselamatan yang tinggi.

Lalu, fitur apa saja yang terdapat pada mobil reli saat ini? Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini adalah sejumlah fitur keselamatan di mobil reli.

1. Roll Cage

Mobil reli sudah wajib dilengkapi dengan roll cage yang terdapat pada bagian kabin. Fungsi utamanya adalah untuk melindungi pebalap jika tiba-tiba mobil mengalami kecelakaan cukup fatal.

Seperti contoh, mobil reli mengalami kecelakaan hingga terguling beberapa kali. Nah, roll cage yang terbuat dari material seamles dan chromoly ini dapat mengurangi dampak kerusakan yang cukup fatal.

2. Sistem Pemadam Api

Setiap mobil reli diwajibkan untuk memasang sistem pemadam api minimal dua unit di dalamnya. Jelas, hal ini untuk mengantisipasi jika mobil tiba-tiba mengalami kecelakaan dan menimbulkan kobaran api.

Dua buah pemadam api ringan ini letaknya berbeda. Alat pemadam yang satu letaknya di depan kursi co-drivert, lalu satunya lagi dipasang dan aktif menggunakan sistem elektrik.

Jika mobil reli mengalami kecelakaan, pebalap akan menekan sebuah tombol yang langsung mengaktifkan sistem pemadam api. Tabung pemadam api ini letaknya di belakang kursi driver.

3. Sabuk Pengaman dan Pemotong

Setiap mobil reli pastinya memiliki sabuk pengaman. Alat ini bahkan harus dicek dan sesuai dengan rekomendasi FIA agar menjamin keselamatan pebalap mobil reli.

Namun, selain sabuk pengaman terdapat juga pemotong. Fungsinya adalah untuk menggunting sabuk pengaman jika suatu waktu pebalap kesulitan melepas sabuk pengaman.

4. Pintu Pelindung yang Kokoh

Ya, mobil balap reli juga dilengkapi dengan pintu yang kokoh. Penggunaan alat ini berfungsi untuk mengantisipasi pebalap yang mengalami hantaman dari sisi samping.

Pintu ini juga dilengkapi dengan busa yang bertugas untuk meredam hantaman keras dari samping. Sehingga, pebalap tidak merasakan cedera yang begitu parah.

5. Bantal di Jok Mobil

Setiap jok mobil juga memiliki bantal leher yang berfungsi untuk menjaga leher pebalap agar tidak terguncang terlalu keras ketika terjadi tabrakan. Namun, bantal leher ini bukan yang sembarangan seperti di jual di toko.

FIA telah menentukan jika jok dan bantal leher ini harus disesuaikan dengan tinggi pebalap. Hal ini dilakukan agar perangkat keselamatan ini berfungsi secara optimal.

Peraturan tersebut mengatakan jika bantal leher ini tidak boleh rendah dari mata pebalap. Sehingga jok mobil dapat melindungi kepala dengan maksimal.

(lua/lua)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT