Jangan Heran! Valentino Rossi Janji Masih Balapan Tahun Depan

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 28 Okt 2021 06:06 WIB
Italian rider Valentino Rossi of the Petronas Yamaha SRT waves his fans at the end of the MotoGP race of the Emilia Romagna Motorcycle Grand Prix at the Misano circuit in Misano Adriatico, Italy, Sunday, Oct. 24, 2021. (AP Photo/Antonio Calanni)
Rossi bakal tetap balapan tahun depan. Foto: AP/Antonio Calanni
Jakarta -

Valentino Rossi memutuskan untuk pensiun sebagai pebalap MotoGP. Tapi, Rossi menegaskan tetap akan balapan tahun depan.

Hal itu disampaikan Rossi dalam sebuah wawancara dengan stasiun televisi Italia. Dia bilang, jika tidak balapan maka akan bosan.

"Saya kecewa karena saya harus mengucapkan selamat tinggal. Saya akan mengatakan bahwa saya siap untuk lepas landas," kata Rossi seperti dikutip Speedweek.

"Saya akan terus menjadi pebalap. Tahun depan saya akan berkompetisi di balapan mobil dan tetap berada di trek, kalau tidak saya akan bosan."

Alessio 'Uccio' Salucci, sahabat sekaligus tangan kanan The Doctor juga mengatakan bahwa masa depan Rossi usai pensiun juga bakal disibukkan ajang balap mobil.

"Di sisi lain masa depannya ada di dalam (kejuaraan balap) mobil, sekarang dibagi dua kategori: the World Endurance Wec and Fanatec, the European GT. Pilihannya akan didasarkan pada mobil yang akan dia gunakan untuk balapan," kata Uccio.

Rossi belum memutuskan di seri mana ia akan ikut balapan mobil. Tapi, pebalap asal Italia itu memang memiliki pengalaman mengikuti balapan roda empat.

Gulf 12 HoursRossi ikut balapan mobil Gulf 12 Hours Foto: instagram @valeyellow46

Pada awal tahun, Rossi ikut balapan bersama adik tirinya Luca Marini dan sahabatnya Alessio "Uccio" Salucci. Ketiganya bergantian mengendarai Ferrari di ajang 12 Hours Gulf di Bahrain. Bersama Luca Marini dan Uccio, Rossi berhasil meraih podium setelah menjadi yang tercepat ketiga di kelas GT3 Pro-Am di 12h Gulf.

Soal keputusannya pensiun dari MotoGP, Rossi merasa sudah tidak kompetitif lagi di balapan roda dua tersebut. Dia bilang, MotoGP saat ini lebih sulit dari yang dikira.

"Saya berharap untuk balapan sedikit lebih cepat dan harus berjuang lebih sedikit. Saya telah memutuskan untuk meluangkan waktu saya di Assen, dan setelah balapan saya menunggu seminggu dan kemudian berkata, oke, saatnya untuk pergi," tambah Rossi.

"Masalahnya adalah saya sudah tua. Saya 42 tahun, pembalap lain 25 tahun. Jika saya lebih muda saya bisa mempertimbangkan kembali, tapi tidak apa-apa sekarang," kata Rossi.

"Di masa lalu, balap motor adalah olahraga yang cukup terkenal, tetapi lebih merupakan eksistensi khusus. Saya membuat banyak orang (tertarik dengan) balap motor karena saya, dari anak kecil hingga wanita berusia 80 tahun," ucapnya.



Simak Video "Apresiasi Keanu Reeves hingga Tom Cruise untuk Valentino Rossi"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)