Indonesia Mau Gelar Formula 1, Bintan dan Mandalika Jadi Opsi

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 19 Okt 2021 19:06 WIB
NORTHAMPTON, ENGLAND - JULY 18: Lewis Hamilton of Great Britain driving the (44) Mercedes AMG Petronas F1 Team Mercedes W12 and Max Verstappen of the Netherlands driving the (33) Red Bull Racing RB16B Honda lead the field into turn one at the start during the F1 Grand Prix of Great Britain at Silverstone on July 18, 2021 in Northampton, England. (Photo by Lars Baron/Getty Images)
Indonesia mau gelar Formula 1. Pulau Bintan dan Mandalika jadi opsi. Foto: Getty Images/Lars Baron
Jakarta -

Indonesia bakal menjadi tuan rumah perhelatan balapan kelas dunia. Yang sudah dipastikan adalah World Superbike (SBK) dan MotoGP. Tak cuma balapan motor, Indonesia juga bakal menggelar balap Formula 1.

Hal itu dikatakan oleh Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia, Bambang Soesatyo. Pria yang akrab disapa Bamsoet itu bilang, ada dua opsi lokasi yang akan menjadi tuan rumah Formula 1.

"IMI sendiri memiliki rencana-rencana besar. Sebentar lagi akan masuk pada tahap persiapan kita untuk bekerja sama dengan pengelola Pulau Bintan, dan investor dari Singapura. Akan kita bangun sirkuit Formula 1 di sana," kata Bamsoet dalam acara konferensi pers kerja sama antara MGPA, IMI dan Dyandra Promosindo dalam penjualan tiket WSBK 2021, Selasa (19/10/2021).

Bamsoet melanjutkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pernah menyampaikan pesan kepadanya soal keinginan Indonesia menggelar Formula 1. Pesan dari Jokowi, jika WorldSBK dan MotoGP di Mandalika sukses, tak menutup kemungkinan pemerintah membuka peluang Indonesia untuk menjadi tuan rumah Formula 1.

"Pak Presiden pernah menyampaikan kepada saya, kalau kegiatan MotoGP ini berlangsung dengan baik dan bagus, maka tidak menutup kemungkinan pemerintah akan meningkatkan sirkuit ini menjadi sirkuit Formula 1 di Mandalika," ujar Bamsoet.

"Menurut saya semakin banyak sirkuit maka semakin bagus buat kita. Bisa kita buat seri dari mulai Bintan sampai Mandalika," sambungnya.

Tak cuma WorldSBK, MotoGP dan Formula 1, Bamsoet mengatakan pihaknya juga menyiapkan beberapa lokasi pusat kegiatan otomotif. Salah satunya di Tanjung Lesung.

"Kita juga siapkan Tanjung Lesung sebagai pusat kegiatan otomotif baru. Multisport, mulai dari dragrace, dragbike, motocross, offroad, itu ada nanti di Tanjung Lesung, di atas tanah seluas 83 hektare," jelas Bamsoet.

"Begitu juga di Hambalang, kemarin baru saya resmikan sebagian, baru 5 hektare untuk kegiatan rally. Nanti akan ada kegiatan-kegiatan lain di sana. Begitu juga di Surabaya, ada BOS (Blackstone Otomotif Superblok) di atas tanah 6 hektare di tengah kota Surabaya dekat bandara. Mudah-mudahan Desember ini kita luncurkan sebagai pusat kegiatan otomotif baru dragrace permanen di Surabaya," rinci Bamsoet.



Simak Video "RI Mau Gelar Formula 1, Sekali Balapan Butuh Uang Rp 1,1 T!"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)