Duh! Indonesia Dilarang Kibarkan Bendera Merah Putih di MotoGP dan WSBK Mandalika

Tim Detikcom - detikOto
Senin, 18 Okt 2021 18:19 WIB
Jakarta -

Kabar buruk datang buat Indonesia terkait rencana menggelar WSBK dan MotoGP di Sirkuit Mandalika. Dalam dua event balap motor kelas dunia itu, bendera Indonesia dilarang berkibar. Duh!

Badan Antidoping Dunia (WADA) mengonfirmasi larangan bendera Indonesia berkibar di event WSBK dan MotoGP. Meski begitu, lagu kebangsaan Indonesia Raya dipastikan masih bisa dikumandangkan pada dua acara tersebut.

"Terkait dengan bendera, konsekuensinya adalah adanya pembatasan pengibaran bendera oleh penyelenggara acara di venue/arena/stadion di sebuah event berskala regional, kontinental atau kejuaraan dunia tengah dipertandingkan -- baik bendera itu berkibar untuk durasi sepanjang event, atau pada bagian-bagian tertentu dalam event tersebut, misalnya pengalungan medali, upacara pembukaan atau penutupan, atau elemen protokoler lainnya," demikian dikatakan WADA dikutip dari Crash.

Masih dikutip dari sumber yang sama, larangan ini berlaku segera kepada atlet/pebalap dan/atau tim Indonesia.

Diberitakan sebelumnya, Indonesia tengah mendapat sanksi dari WADA akibat dianggap tidak patuh dalam penerapan standar antidoping. Itu terjadi sebagai imbas karena Indonesia tak mengirim sampel tes doping plan (TDP) pada 2020 dan 2021.

Peringatan dari WADA sudah dikirim sejak 15 September, agar Indonesia mematuhi penegakkan standar anti-doping. Pada 7 Oktober sanksi pun akhirnya dijatuhkan.

Atas ketidakpatuhan tersebut, bendera Indonesia dilarang berkibar pada berbagai event olahraga. Yang terbaru adalah ketika Tim Piala Thomas Indonesia menjadi juara setelah mengalahkan China 3-0. Saat penyerahan medali dan piala, yang berkibar bukan bendera Indonesia, melainkan lambang PB PBSI.

Bendera PBSI, Piala Thomas 2020,Bendera Merah Putih diganti dengan bendera PBSI saat Indonesia juara Piala Thomas 2020 Foto: Badminton Photo

Indonesia bukan satu-satunya negara yang dapat sanksi ini. Karena pelanggaran yang sama, Thailand dapat sanksi serupa.

Pada awalnya sempat ada kekhawatiran MotoGP dan WSBK di Sirkuit Mandalika terancam dibatalkan. Namun WADA kemudian memastikan kalau event olahraga yang sudah dijadwalkan sebelumnya tidak akan terdampak dengan sanksi mereka.

Pemerintah Indonesia melalui Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari tengah berupaya agar sanksi yang kini dijatuhkan WADA bisa diangkat. Raja Sapta Oktohari akan terbang ke markas IOC untuk membahas event-event olahraga internasional yang akan diselenggarakan di Indonesia.

Jika status Indonesia yang dianggap 'tidak patuh' dicabut, bendera Indonesia akan bisa berkibar lagi di event-event olahraga internasional.

Indonesia akan menggelar balapan WSBK pada 19-21 November 2021. Seminggu sebelumnya akan digelar balapan Asia Talent Cup 2021. Sementara untuk MotoGP, Indonesia sudah masuk kalender sementara untuk bisa menggelar race pada Maret 2022.

(din/lua)