Resmi! Indonesia Jadi Tuan Rumah Formula E 2022, Catat Tanggalnya

Tim Detikcom - detikOto
Sabtu, 16 Okt 2021 08:13 WIB
Jakarta -

Di tengah ramai perdebatan soal Formula E di Jakarta, muncul konfirmasi jadwal balap mobil listrik itu untuk musim 2022. Indonesia dipastikan jadi salah satu tuan rumah dalam balapan yang bakal digelar di Jakarta.

Kepastian Indonesia jadi tuan rumah balapan Formula E bisa dilihat di situs resmi Formula E. Indonesia menjadi salah satu dari 16 seri balapan yang akan dilangsungkan pada musim 2022.

Balapan di Indonesia, yang disebut digelar di Jakarta, dijadwalkan pada 4 Juni 2022. Indonesia menjadi seri ke sembilan.

"Kejuaraan Dunia Formula E akan datang ke jalanan Kota Jakarta untuk kali pertama pada 4 Juni 2022. Saksikan balapan paling kompetitif di dunia motorsport yang bakal dilangsungkan di jalanan ibukota Jakarta," demikian pernyataan Formula E mendampingi informasi jadwal penyelenggaraan di Jakarta.

Meski sudah dipastikan bakal digelar di Jakarta, di mana sirkuit yang akan digunakan untuk menggelar balapan tersebut masih tanda tanya besar. Sebagaimana diketahui, rencana awal menggelar balapan di sekitar wilayah Monas dipastikan batal.

Secara keseluruhan, rencana menggelar Formula E Jakarta penuh lika-liku. Mulai dari persoalan anggaran biaya, pengajuan hak interpelasi oleh DPRD, hingga yang baru adalah soal penetapan lokasi balapan.

Jadwal Formula E JakartaJadwal Formula E Jakarta Foto: Formula E

Terkait lokasi Formula E Jakarta, semula direncanakan berlangsung di kawasan Monumen Nasional alias Monas. Namun lantaran mengalami kendala terkait perizinan dari pemerintah pusat, akhirnya tim panitia harus mencari alternatif lokasi untuk gelaran Formula E Jakarta.

(din/lth)