Arigatou! Ini Kelir Khusus Tim Balap F1 Honda di GP Turki

Ridwan Arifin - detikOto
Sabtu, 09 Okt 2021 09:48 WIB
Livery balap Tim Balap Honda di F1
Livery khusus tim balap Honda di F1 Foto: Honda Prospect Motor
Jakarta -

Ada yang spesial dari Tim Red Bull Racing dan Scuderia AlphaTauri dalam seri balap F1 Grand Prix Turki akhir pekan ini. Kedua tim balap tersebut menggunakan livery khusus.

Ya, Tim Red Bull Racing dan Scuderia AlphaTauri akan menampilkan pesan unik pada bagian bodi mobilnya yang bertuliskan "arigato" atau "terima kasih" dalam bahasa Jepang sebagai bentuk ungkapan rasa Terima Kasih kedua tim balap; Red Bull Racing dan Scuderia AlphaTauri kepada Honda.

Livery balap Tim Balap Honda di F1Livery balap Tim Balap Honda di F1 Foto: Honda Prospect Motor

Hal ini juga merupakan ucapan terima kasih dan apresiasi Honda Racing F1 kepada para penggemar Jepang yang berharap untuk melihat Honda melakukan balapan untuk terakhir kalinya di Sirkuit Suzuka namun perhelatan harus dibatalkan karena adanya pembatasan akibat pandemi Covid-19 di Jepang.

"Sangat mengecewakan tidak bisa melakukan balapan di Suzuka, terutama tahun ini, yang seharusnya menjadi GP kandang terakhir Honda. Kami sangat menantikan perjalanan Jepang kami bahkan lebih dari biasanya karena akan sangat menyenangkan melihat Yuki Tsunoda mengemudi di depan orang banyak dimana sirkuit Suzuka juga merupakan salah satu trek balap terbaik di dunia dan selalu memberikan banyak kegembiraan dari para penggemar yang sangat memahami olahraga ini," Team Principal Scuderia AlphaTauri, Franz Tost.Team Principal Scuderia AlphaTauri, Franz Tost.

"Tetapi sementara itu, pesan "arigato" sederhana di sayap belakang kedua mobil kami hanyalah isyarat kecil untuk mengucapkan rasa terima kasih kepada semua penggemar Jepang kami, saat balapan di Istanbul," jelas dia.

Livery balap Tim Balap Honda di F1Livery balap Tim Balap Honda di F1 Foto: Honda Prospect Motor

Mobil balap RB16B milik tim Red Bull Racing menggunakan warna dominan putih dipadu dengan merah yang terinspirasi dari mobil balap legendaris Honda RA 272, dimana pembalap Amerika Serikat - Richie Ginther berhasil meraih kemenangan perdana Honda pada balap F1 Grand Prix Meksiko 1965.

Seri balap F1 Grand Prix Turki merupakan seri balap ke-16 dari total 22 seri balap pada musim F1 2021 ini. F1 Grand Prix Turki akan berlangsung di sirkuit Intercity Istanbul Park yang berlokasi tidak jauh dari kota Istanbul di Turki. Sirkuit ini mulai dibangun pada tahun 2003 dan selesai serta dibuka dan mulai digunakan pada tahun 2005. Sirkuit ini kembali masuk ke kalender balap F1 pada tahun 2020 lalu setelah absen selama sembilan tahun.

Seperti yang diketahui, Honda sudah memutuskan untuk mundur dari ajang balap Formula 1 pada akhir tahun 2021 ini, namun Honda bersama dengan Red Bull Group telah menyepakati program kerja sama yang berfokus pada berbagai kegiatan motorsport termasuk Formula 1, pengembangan pembalap muda dan lainnya.

Red Bull Group juga berhak untuk menggunakan Honda powertrain pada tahun 2022. Hal ini merupakan bentuk dukungan Honda untuk Red Bull Racing dan Tim Scuderia AlphaTauri pada musim balap tahun depan.

"Kami senang bahwa proyek Red Bull Powertrains kami akan menjadi didukung oleh Honda, secara teknis dan operasional, pada tahun 2022. Bentangan perjalanan Formula 1 Honda memang akan segera berakhir tetapi bersama-sama kita akan memulai perjalanan baru yang menarik," ungkap Christian Horner, Red Bull Racing Honda CEO and Team Principal.



Simak Video "RI Mau Gelar Formula 1, Sekali Balapan Butuh Uang Rp 1,1 T!"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)