MotoGP sampai Formula 1, Ini Balapan Internasional yang Akan Digelar di Sirkuit Mandalika

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Senin, 06 Sep 2021 12:50 WIB
Jakarta -

Sirkuit Mandalika sudah dipastikan akan menggelar tes pramusim MotoGP tahun depan. Namun tidak hanya itu, rentetan ajang balap motor hingga mobil pun, direncanakan akan digelar di sirkuit kebanggaan Indonesia ini.

Sebelum ke tes pramusim MotoGP 2022, agenda balap paling dekat yang akan dilangsungkan di Sirkuit Mandalika adalah World SBK seri ke-13.

Indonesia masih tercatat di kalender World SBK dan menjadi seri pamungkas. Ajang balap motor kelas dunia ini, akan diselenggarakan pada 12 hingga 14 November 2021 dengan tajuk Pirelli Indonesian Round.

Lanjut beberapa bulan setelah ajang WSBK, Sirkuit Mandlika akan kedatangan Marc Marquez, Fabio Quartararo, dan sejumlah pebalap MotoGP lain, untuk melakukan tes pramusim. Tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika ini, rencananya akan digelar pada 11 hingga 13 Februari 2022.

Meskipun Indonesia dipastikan mendapat 'jatah' tes pramusim MotoGP 2022, Sirkuit Mandalika hingga saat ini belum dipastikan akan masuk ke kalender balap MotoGP tahun depan, seiring belum dirilisnya jadwal resmi dari Dorna.

Sirkuit Mandalika rencananya tidak hanya menggelar MotoGP, Moto2, dan Moto3, namun juga tertarik untuk membawa balap kelas motor listriknya yaitu MotoE.

Jika pihak Mandalika Grand Prix Association pada akhirnya berhasil membawa kelas MotoE ke Sirkuit Mandalika, maka dipastikan Indonesia akan menjadi negara pertama di Asia Tenggara dan Asia yang menggelar MotoE.

"Kami sudah ada diskusi dengan pihak Dorna tentang MotoE," papar Ricky Baheramsjah, CEO dari Mandalika Grand Prix Association, seperti yang dilansir dari Crash.

"Ini merupakan seri yang fantastik dan berpotensi juga membuka jalan bagi masa depan motorsport," lanjutnya.

"MotoE belum ada di Asia Tenggara tapi kami sudah melakukan dialog terbuka dengan Dorna. Ini tentu event yang akan sangat menarik untuk kami bawakan," papar Ricky.

Perlu diketahui, Sirkuit Mandalika itu dirancang dengan standar Grade A FIM untuk menggelar MotoGP. Tak cuma itu, sirkuit Mandalika juga bisa memenuhi standar Grade 1 FIA sebagai syarat menyelenggarakan Formula 1.

Maka dari itu, pecinta balap mobil tak perlu merasa iri, Sirkuit Mandalika ini siap dan dikabarkan sudah berdiskusi untuk menggelar Formula 1 di Indonesia.

"Sirkuit kami bisa memenuhi grade A FIA yang akan menggelar F1 dan kami sudah berdiskusi dengan F1 di Lombok," kata CEO Mandalika Grand Prix Association Ricky Baheramsjah dikutipPitpass.

Menurut Ricky, Formula 1 tidak membutuhkan gravel seperti di sirkuit MotoGP. Tapi itu masalah kecil. "Karena di bawah gravel hanya aspal, jadi bias digeser keluar (jika digunakan untuk Formula 1)," katanya.

Untuk menggelar Formula 1, mungkin dibutuhkan beberapa fasilitas lagi seperti hotel bintang lima yang lebih banyak. Sebab, karakter pencinta MotoGP dan Formula 1 berbeda. "Harga tiket juga relatif lebih terjangkau untuk MotoGP daripada untuk F1," katanya.

"Jadi, destinasi seperti Lombok akan menjadi tantangan bagi F1, tapi begitu Mandalika dikembangkan, maka ada peluang fantastis untuk F1 jika ingin menjelajahinya. Untuk saat ini, kami sepenuhnya fokus pada balapan yang kami miliki," ucapnya.

(mhg/din)