Masuk Jadwal Tes Pramusim, Sarana Pendukung Sirkuit Mandalika Dikebut

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Minggu, 29 Agu 2021 12:19 WIB
Progres pembangunan Sirkuit Mandalika
Sirkuit Mandalika. Foto: dok. Mandalika Grand Prix Association
Jakarta -

Sirkuit Mandalika telah masuk kalender pramusim MotoGP 2022. Agar bisa rampung 100% sebelum tahun depan, pembangunan sirkuit terus dikejar dan akan dilakukan homologasi dalam waktu dekat.

Sebelumnya, MotoGP telah memasukan nama Sirkuit Mandalika dalam tes pramusim yang digelar Februari 2022 mendatang. Dengan begitu, progres pembangunan sirkuit bakal dipercepat demi bisa menyelenggarakan pramusim sampai ajang race.

Sejumlah infrastruktur bahkan telah rampung 100%. Seperti track lane atau lintasan utama yang telah selesai diaspal seluruhnya, sehingga lapisan ketiga atau lapisan terakhir dari aspal Sirkuit Mandalika berhasil dihamparkan ke seluruh area track lane.

Happy Harinto selaku Chief Strategic and Communication MGPA (Mandalika Grand Prix Association) mengatakan, pembangunan sarana pendukung yang lain juga terus dikejar seperti race control, bangunan pit, dan medical center.

Race Control Sirkuit MandalikaRace Control Sirkuit Mandalika Foto: Instagram @itdc_id

"Kami saat ini masih bersiap untuk Race Control beserta equipment-nya, Pit Building yang sebentar lagi akan kami install (pasang) setelah proses pembangunan dasar siap. Medical center juga sudah siap 100% tapi kami menunggu alat kesehatan yang sedianya akan disediakan oleh Kemenkes yang masih kami tunggu konfirmasinya sampai hari ini," kata Happy saat dihubungi detikcom, Sabtu (28/8/2021).

Tidak hanya soal infrastruktur, pelatihan terhadap dokter, tim medis, marshal, dan relawan juga dilakukan dengan memenuhi standar internasional. Hal ini agar para petugas dan kru dapat melakukan tugasnya dengan baik karena MotoGP adalah salah satu ajang balap internasional paling bergengsi.

"Pelatihan untuk dokter, paramedic (tim medis), dan nurse (perawat) yang akan dimulai oleh FIM, IMI, dan Kemenkes sehingga Indonesia memiliki standar tenaga kesehatan yang telah tersertifikasi oleh FIM. Pelatihan marshal pemuda-pemudi lokal yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini oleh IMI dengan tenaga ahli dari FIM," jelas Happy.

Happy menjelaskan, apabila sirkuit sudah mulai rampung maka homologasi akan segera terlaksana. Proses homologasi akan terus berlanjut sejak awal sampai beberapa hari sebelum balapan dimulai.

"Homologasi adalah proses berkelanjutan dari awal sampai dengan beberapa hari sebelum balapan dimulai, jadi seluruh sirkuit di seluruh dunia pun sebelum balapan harus dihomologasi, tidak terkecuali," tuturnya.



Simak Video "Bangga! Sirkuit Mandalika Pakai Aspal Terbaik di Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)