Nyaris Dihajar Jack Miller, Joan Mir Bilang Begini

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 04 Okt 2021 16:52 WIB
Jakarta -

Jack Miller dan Joan Mir kembali berseteru usai balapan MotoGP Amerika. Bahkan, Joan Mir nyaris dihajar oleh Jack Miller.

Insiden antara Miller dan Mir terjadi menjelang finis MotoGP Amerika Serikat. Miller disundul dari sisi dalam oleh Mir, yang membuatnya melebar ke luar lintasan pada tikungan 15 lap terakhir.

Miller yang ketika itu berada di posisi enam langsung merosot dibalap Alex Rins, Enea Bastianini, dan Joan Mir. Akhirnya Miller harus menuntaskan balapan di posisi delapan.

Tak terima dengan manuver Mir di atas lintasan, Miller mendatangi pebalap Suzuki itu tak lama setelah balapan tuntas. Dari kamera yang terletak di dashboard motor Miller, terlihat perdebatan antara dua pebalap tersebut. Joan Mir juga memperlihatkan gesture meminta maaf dengan menangkupkan tangannya.

Dalam video itu, terlihat Miller menunjukkan kekesalannya. Bahkan sampai ada momen di mana rider asal Australia itu sampai menarik helm Mir dan mengucapkan peringatan ke arah Mir. Miller juga sempat menunjuk-tunjuk ke arah wajah Joan Mir.

"Saya ingin meminta maaf kepada Jack Miller. Saya tidak suka jika ada kontak saat bermanuver," kata Joan Mir dikutip Speedweek.

"Saya sempat menyalipnya sekali di sektor 1, tetapi di akhir lintasan dia mendapatkan kembali posisinya. Di tikungan 16 sepertinya dia tidak bisa mempertahankan racing line. Saya ingin mengambil kesempatan itu. Kemudian kami semakin dekat dan saya ingin menghindari kontak, tetapi tidak bisa karena saya berada di kerb. Saya tidak mengira itu menjadi begitu ketat tiba-tiba," ujarnya.

Kata Mir, Miller mendatanginya dan bilang sampai bertemu. Joan Mir sendiri memahami kemarahan Jack Miller. Dia bilang, dia juga akan marah kalau berada di posisi Miller.

Atas manuvernya itu, Joan Mir disanksi. Rider Suzuki asal Spanyol itu kena penalti penurunan posisi race. Itu artinya Mir kini dinyatakan finis di posisi delapan, sementara Miller di urutan tujuh. Stewards menyatakan Mir telah melakukan manuver yang tidak bertanggung jawab ketika mencoba mendahului Miller.

Perseteruan antara Jack Miller dan Joan Mir beberapa kali terjadi. Jack Miller menyebut, hal serupa juga terjadi di Misano.

"Saya juga didorong keluar olehnya. Manajemen balapan bereaksi. Saya telah kehilangan tempat. Saya tidak tahu apakah itu hukuman yang tepat, tetapi saya pikir saya mengendalikan emosi saya dengan baik. Saya lebih dewasa. Itu pertanda baik," ujar Miller.



Simak Video "Bukan Pertamax atau Premium, Ini Bensin yang Dipakai Motor MotoGP"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)