Bagnaia Juara-Bastianini Menggila, Jack Miller Malah Dibikin Bingung Motornya

Ridwan Arifin - detikOto
Senin, 20 Sep 2021 14:52 WIB
LE MANS, FRANCE - MAY 14: Jack Miller of Australia and Ducati Lenovo Team rounds the bend during the MotoGP of France - Practice at  on May 14, 2021 in Le Mans, France. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Jack Miller harus merosot ke posisi lima saat berlaga di MotoGP San Marino 2021 Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Dua rider Ducati naik podium, sejatinya Jack Miler sempat mengisi pos kedua hingga akhirnya melorot finis di posisi lima MotoGP San Marino 2021. Ternyata ada masalah pada Desmosedici GP 21 miliknya yang membuat rider Australia itu kebingungan.

Jack Miller tampil meyakinkan dalam seri MotoGP San Marino 2021, Minggu (19/9) malam. Dia memulai balapan dari tempat kedua, bertahan dari serangan Fabio Quartararo. Sementara di depan, Bagnaia melaju sendirian.

Tapi, posisi Jack Miller terus merosot. Pertahanan rider Australia itu ditembus Quartararo saat memasuki lap ke-14.



Jack Miller terus menurun, dia disalip Enea Bastianini, yang menggunakan motor lebih tua Desmosedici GP19. Disusul Marc Marquez, dan Joan Mir.

Pada akhirnya Miller dinyatakan finis ditempat kelima. Sebab Joan Mir dinilai melanggar track limit, rider Suzuki itu diturunkan ke posisi enam.

Ducati sejatinya bisa tersenyum melihat motornya tampil kompetitif di MotoGP San Marino. Terbukti Pecco Bagnaia mampu meraih juara, dan Bastianini yang menggunakan motor lebih tua bisa tembus podium perdana.

Sorotan terjadi pada motor Jack Miller, rider Australia itu mengatakan Desmosedici GP21 miliknya punya masalah ketika memasuki pertengahan hingga akhir balapan. Padahal dia menggunakan setelan motor dan ban yang sama dengan Bagnaia.

"Saya menggunakan kombinasi yang sama dengan pemenang (Bagnaia, Red), yaitu hard di depan, dan soft di belakang. Jadi saya rasa pilihan ban bukan yang membuat saya melorot," ujar Miller seperti dikutip Speedweek, Senin (20/9/2021).

Miller merasa nyaman-nyaman saja di awal balapan. Namun getaran pada motor mulai terjadi, dan dia dibuat kebingungan sebab tidak mengetahui apa penyebabnya.

"Pada awal balapan saya merasa sangat nyaman dengan Pecco, tapi kemudian saya tiba-tiba mendapat getaran di tengah dan di akhir balapan. Itu adalah masalah terbesar saya," sambung dia.

"Sayang sekali karena saya merasa cukup nyaman saat itu. Saya tidak bisa mengatakan dengan tepat dari mana getaran itu berasal. Kita harus menganalisis bagaimana masalah ini muncul dan mengapa mereka muncul dalam perlombaan di semua tempat," jelas Miller.

Bos Ducati, Paolo Ciabatti mengaku sudah mendengar keluhan Jack Miller. Motornya mengalami getaran pada bagian belakang.

"Jack melakukan pekerjaan yang baik, dan saya minta maaf kepadanya. Saya pikir dia punya beberapa masalah, Miller bilang ada getaran pada bagian belakang, dan kita harus mencari tahu apa penyebabnya," kata Ciabatti seperti dikutip The Race, Senin (20/9/2021).



Simak Video "Bukan Pertamax atau Premium, Ini Bensin yang Dipakai Motor MotoGP"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)