MotoGP San Marino: Rossi Mau Tampil Habis-habisan Balapan Terakhir di Kandang

Ridwan Arifin - detikOto
Sabtu, 18 Sep 2021 10:14 WIB
ASSEN, NETHERLANDS - JUNE 24: Valentino Rossi of Italy and Petronas Yamaha SRT smiles during the MotoGP press conference pre-event during the MotoGP of Netherlands - Previews at TT Circuit Assen on June 24, 2021 in Assen, Netherlands. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Valentino Rossi akan tampil maksimal di MotoGP San Marino 2021 Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Valentino Rossi mau tampil habis-habisan di balapan terakhir di kandang Sirkuit Marco Simoncelli, Misano, Minggu (19/9). Sebab akhir musim nanti The Doctor bakal pensiun dari ajang balap yang membesarkan namanya tersebut.

Sirkuit Misano selalu menjadi akhir pekan yang spesial bagi Valentino Rossi. Selain menjadi salah satu basis penggemar VR46, pria kelahiran 16 Februari 1979 ini masih ingat betul kencan pertamanya menggunakan motor gede di Sirkuit yang letaknya tak jauh dari kampung halamannya, Tavullia.

"Misano selalu jadi balapan spesial, akhir pekan yang spesial buatku, karena aku tinggal sangat dekat dari sini. Tavullia sangat dekat," ujar Rossi seperti dikutip Diario AS, Jumat (17/9/2021).

"Aku tumbuh besar sebagai pebalap di sirkuit ini. Pertama kali mengendarai motor besar, ya juga di sirkuit ini. Aku ingat betul, tahun 1992, 30 tahun yang lalu dan itu fantastis," ujar Rossi.

Rossi memang selalu tampil menjanjikan ketika mentas di kandang. Kendati umurnya sudah kepala empat, pacar Sofia Novello ini bisa masuk dalam grid terdepan saat balapan. Energi tersebut diyakini Rossi datang dari penggemarnya.

"Penuh dengan emosional dengan banyaknya penggemar berdiri mendukung di hari minggu. Jadi sangat penting untuk memberikan yang terbaik dan tampik kompetitif. Ya hal paling penting, kompetitif," sambung Rossi.

The Doctor punya catatan manis di Sirkuit Misano, dia berhasil enam kali naik podium dengan meraih tiga kemenangan pada 2008,2009, dan 2014. Lalu finish runner-up pada 2012 dan 2016, serta posisi ketiga pada 2010.

Yamaha juga selalu mengantarkan pebalapnya berada di posisi depan di sini. Tahun lalu dua seri digelar di Sirkuit Misano, pada race pertama (MotoGP San Marino) dimenangkan Maverick Vinales, dan balapan kedua (MotoGP Emilia Romagna) Franco Morbidelli juaranya.

Tiga tahun belakangan, The Doctor juga selalu berada dalam barisan depan di Sirkuit Misano, kecuali seri MotoGP Emilia Romagna 2020. Rossi terjatuh saat race tinggal 11 lap, sebelumnya, The Doctor crash di lap kedua.

MotoGP rider Valentino Rossi of Italy takes a curve during the San Marino Motorcycle Grand Prix at the Misano circuit in Misano Adriatico, Italy, Sunday, Sept. 13, 2020. (AP Photo/Antonio Calanni)Valentino Rossi saat bertarung di Sirkuit Misano 2020 Foto: AP/Antonio Calanni

Rossi hampir saja meraih podium ketiga di balapan MotoGP San Marino 2020, bisa menggenapkan rekor 200 podium. Tapi The Doctor harus gigit jari lantaran disalip Joan Mir di lap akhir, dia akhirnya harus puas berada di tempat keempat.

Untuk itu di kesempatan terakhirnya berlaga di Sirkuit Misano, Rossi ingin tampil habis-habisan. Mengingat akhir musim 2021 nanti, dia akan pensiun sebagai pebalap profesional.

"Di atas kertas, aku bisa lebih kuat di Misano, karena di Aragon itu sulit untuk kami, dan itu salah satu sirkuit terburuk buatku," kata Rossi.

"Tahun lalu aku bagus di sini, terutama saat balapan pertama (MotoGP San Marino 2020). Itu balapan yang hebat, karena aku berada di grup depan. Sayangnya, aku kehilangan podium, pada lap-lap akhir, dan sekarang aku akan mencoba dan mengerahkan segalanya," jelas Rossi.

=====

MotoGP San Marino 2021 bisa disaksikan lewat tayangan streaming di detikOto dan juga disiarkan di Trans 7.



Simak Video "Bukan Pertamax atau Premium, Ini Bensin yang Dipakai Motor MotoGP"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)