Andrea Dovizioso Resmi Gabung Petronas Yamaha, Debut Akhir Pekan Ini

Tim Detikcom - detikOto
Kamis, 16 Sep 2021 17:44 WIB
Andrea Dovizioso pada konferensi pers jelang MotoGP Portugal 2020.
Andrea Dovizioso resmi bergabung dengan Petronas Yamaha SRT (Dorna Sports)
Jakarta -

Andrea Dovizioso dipastikan resmi kembali ke ajang MotoGP. Dia baru saja diikat kontrak oleh Petronas Yamaha untuk mengarungi sisa musim ini dan sepanjang musim MotoGP 2022.

Yamaha mengumumkan kesepakatan dengan Dovizioso melalui siaran pers yang dikirim Kamis (16/9) sore hari ini. Ini sejatinya bukan berita yang benar-benar baru karena Yamaha dan Dovi sudah mencapai kesepakatan verbal sejak beberapa pekan lalu. Namun baru hari ini kontrak mereka resmi tercapai.

"Seiring dengan transfer Franco Morbidelli ke Tim Pabrikan Yamaha, Yamaha Motor Co., Ltd dengan gembira mengumumkan kesepakatan dengan bintang MotoGP Andrea Dovizioso. Dia akan bergabung dengan tim satelit Yamaha untuk sisa musim ini dan untuk sepanjang musim MotoGP 2022," demikian pernyataan resmi Yamaha yang diterima detikOto.

Dovizioso sudah tak punya tim balap sejak kontraknya bersama Ducati habis di akhir tahun lalu. Rider asal Italia berusia 35 tahun ini sempat dikabarkan akan gabung dengan Repsol Honda dan Aprilia pada awal tahun ini. Namun pada akhirnya dia tak dapat kontrak sebagai pebalap tetap dari tim manapun.

Sepanjang kariernya di ajang MotoGP, Dovi sudah tiga kali jadi runner up juara dunia MotoGP. Itu dia raih secara beruntun di musim 2017, 2018, dan 2019. Pada seluruh kesempatan itu dia membela Ducati dan kalah oleh Marc Marquez.

Dovi pernah semusim menunggangi motor Yamaha. Itu terjadi di musim 2012 ketika dia membela Monster Yamaha Tech3.

RIO HONDO, ARGENTINA - MARCH 31: Valentino Rossi of Italy and Yamaha Factory Racing  celebrates withAndrea Dovizioso of Italy and Ducati Team (R) under the podium at the end of the MotoGP race  during the MotoGp of Argentina - Race on March 31, 2019 in Rio Hondo, Argentina. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)Andrea Dovizioso dan Valentino Rossi Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp

"Yamaha, dan juga fans MotoGP di seluruh dunia menantikan kembalinya Dovizioso di atas motor Yamaha YZR-M1, akhir pekan ini. Pebalap 35 tahun itu akan memulai karier balapnya yang kedua dengan menggunakan motor Morbidelli. Untuk motoGP 2022, dia akan mengendarai motor YZR-M1 spesifikasi pabrikan dan mendapat dukungan penuh dari Yamaha Motor Co., Ltd.," lanjut pernyataan tersebut.

Untuk sisa musim ini, Dovi akan menjadi rekan Valentino Rossi. The Doctor sudah sempat memberikan sambutan atas bergabungnya Dovi dengan Petronas Yamaha SRT.

Itu juga berarti tim Monster Energy Yamaha MotoGP juga punya line up baru. Andrea Dovizioso akan berduet kembali dengan Franco Morbidelli mulai di MotoGP San Marino. Morbidelli selama beberapa pekan terakhir harus menepi dan absen dari balapan karena cedera.



Simak Video "Keren! Yamaha Rilis Aerox Baru dengan Livery Spesial"
[Gambas:Video 20detik]
(din/rgr)