Bikers Sejati, Zarco Touring dari Prancis ke Aragon Naik Motor Jadul

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 09 Sep 2021 11:38 WIB
Johann Zarco Touring Naik Motor Jadul
Johann Zarco Touring Naik Motor Jadul. Foto: Facebook Adrian Parassol.
Jakarta -

Johann Zarco menunjukkan dirinya sebagai bikers sejati. Sebelum ikut balapan MotoGP Aragon akhir pekan ini, Zarco touring dari kampung halamannya di Prancis menuju Sirkuit Aragon Motorland di Spanyol.

Dikutip Todocircuito, Zarco melakukan perjalanan touring menggunakan motor jadul Ducati 900 SS Darmah. Disebutkan, Zarco meminjam motor itu dari teman baiknya, Adrian Parassol, seorang jurnalis yang tidak ragu meminjamkan motor Ducati klasiknya kepada Zarco.

"Mari kita luangkan waktu 2 menit untuk mendoakan perjalanan yang aman ke Johann Zarco, yang pergi ke GP Aragon melalui jalan darat, dengan Ducati 900 SS Darmah 1981 saya
Serius, dia membuatku bermimpi! Siapa di MotoGP yang memiliki nyali dan semangat yang cukup untuk melakukan ini?
Baiklah saya minta maaf sebelumnya jika dia terlambat ke FP1," tulis Adrian di Facebook.

Zarco memanfaatkan hari-hari terakhir musim panas dengan menikmati suasana Eropa menggunakan sepeda motor. Disebutkan, Zarco menempuh perjalanan darat menggunakan sepeda motor sejauh 950 km.

[Gambas:Instagram]



Padahal, biasanya pebalap MotoGP menuju sirkuit sebelum balapan menggunakan pesawat atau mobil. Zarco melakukan hal tak biasa menggunakan sepeda motornya dari rumahnya di selatan Prancis menuju Aragon.

Motor yang digunakan tidak muda lagi, Ducati 900 SS Darmah kelahiran 1981. Namun, menurut Zarco, semuanya berjalan dengan baik.

Ducati 900 SS Darmah yang ditunggangi Zarco menggendong mesin empat tak L twin 90 derajat, SOHC, dua katup per silinder. Kapasitas mesinnya mencapai 864 cc. Mesin menggunakan sistem pendingin udara.

Mesin dikawinkan dengan transmisi manual 5 percepatan. Tennaga maksimalnya mencapai 65 daya kuda pada 7.500 rpm.

Berkat mesin tersebut, motor ini bisa dipacu hingga kecepatan maksimal 205 km/jam. Sebagai penyeimbang, Ducati 900 SS Darmah dilengkapi dengan rem depan dua piringan 280 mm dan rem belakang satu piringan 280 mm. Performa pengereman dari kecepatan 100 km/jam sampai berhenti membutuhkan jarak 39 meter.



Simak Video "Gaya Ridwan Kamil Touring Sambil Bagi-bagi Sembako-Cek Vaksinasi"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)