Valentino Rossi Bicara Keinginan Terakhirnya Sebelum Pensiun dari MotoGP

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Rabu, 08 Sep 2021 16:50 WIB
Italian rider Valentino Rossi of the Petronas Yamaha SRT waves to fans after the MotoGP race at the British Motorcycle Grand Prix at the Silverstone racetrack, in Silverstone, England, Sunday, Aug. 29, 2021. (AP Photo/Rui Vieira)
Valentino Rossi punya permintaan terakhir sebelum dia pensiun di akhir musim MotoGP 2021 (AP/Rui Vieira)
Jakarta -

Valentino Rossi mengungkapkan satu keinginan terakhirnya sebelum pensiun di akhir musim. Rossi mengaku hanya ingin meraih podium untuk yang terakhir kali di MotoGP sebelum dia gantung helm.

Rossi sama sekali belum meraih podium di MotoGP 2021. Sejauh musim ini berjalan, rider berusia 42 tahun itu meraih hasil terbaiknya di MotoGP Austria ketika finis di posisi lima.

The Doctor berusaha keras untuk bisa mencapai podium sebelum gantung helm di akhir musim. Tambahan satu podium lagi bisa membuat Rossi menjadi pebalap pertama yang mampu menyentuh 200 podium.

Rider Yamaha Petronas SRT ini terakhir kali naik podium pada seri MotoGP Andalusia musim lalu. Saat itu Rossi berhasil finis di peringkat ketiga di bawah Fabio Quartararo dan Maverick Vinales, yang bertrurut-turut jadi juara dan runner up.

Target untuk meraih pada sisa musim ini diakui Rossi bakal sulit dia raih.

"Jika saya bisa membuat satu permintaan sebelum seri MotoGP Valencia, saya ingin naik podium untuk terakhir kali," kata Rossi dikutip Tuttomotoriweb.

"Tapi penting untuk tetap fokus dan memberikan segalanya di paruh kedua musim MotoGP 2021, berusaha tampil cepat dan meraih poin sebanyak mungkin," ujarnya.

Keinginan Rossi untuk meraih podium masih cukup terbuka mengingat balapan MotoGP di musim ini menyisakan enam seri lagi. Namun, kendala yang dihadapi adalah persaingan para rider yang sangat ketat.

Selain itu, performa Rossi yang kurang konsisten serta sejumlah masalah pada motor Yamaha membuat The Doctor sulit bersaing. Sampai saat ini, Rossi baru mengumpulkan 28 poin dan terpuruk di peringkat ke-21 klasemen MotoGP 2021.

Rossi mengatakan, keputusannya untuk pensiun usai MotoGP 2021 adalah hal yang tepat. Dirinya sadar jika sudah sulit bersaing untuk mencapai peringkat 10 besar, walau sebenarnya masih ada harapan agar bisa meraih podium terakhir kali.

"Saya pikir pensiun keputusan yang tepat. Di sisi lain saya tidak senang, karena saya sebenarnya masih ingin balapan 20 tahun lagi, tapi situasinya seperti ini."

"Saya memutuskan pensiun karena hasil buruk, karena untuk tetap balapan Anda harus bisa bersenang-senang ketika menang. Ini berlaku untuk semua pembalap. Sayangnya di periode terakhir, karena berbagai alasan, saya tidak cukup cepat untuk bersaing di posisi lima besar, merebut podium, atau kemenangan di MotoGP," pungkas Rossi.



Simak Video "Kelakar Komeng soal Ajak Valentino Rossi Ambil Uang Pensiun Bareng"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)