Lagi-lagi Masalah Ban Bikin Rossi Melorot

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 30 Agu 2021 19:47 WIB
ASSEN, NETHERLANDS - JUNE 24: Valentino Rossi of Italy and Petronas Yamaha SRT smiles during the MotoGP press conference pre-event during the MotoGP of Netherlands - Previews at TT Circuit Assen on June 24, 2021 in Assen, Netherlands. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Lagi-lagi masalah ban belakang membuat Rossi terlempar sampai posisi 18. Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Valentino Rossi sempat dijagokan setelah berhasil merebut posisi start kedelapan. Bahkan, ia sempat naik ke posisi enam saat balapan MotoGP Inggris 2021 baru dimulai. Namun, pebalap yang memutuskan pensiun dari MotoGP per tahun depan itu melorot.

Rossi awalnya optimistis bisa finis di 10 besar. Namun pada akhirnya, Rossi harus puas finis di posisi 18.

"Hal yang baik dan buruk tentang MotoGP adalah bahwa Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi dalam balapan," kata Rossi dikutip Speedweek.

Rossi mengawali balapan MotoGP Inggris 2021 di Silverstone dengan baik. Dia mampu naik ke posisi enam meski dalam waktu yang singkat. Masalah pada ban membuatnya terlempar ke posisi 18. Ia terpaut hampir setengah menit di belakang Fabio Quartararo yang menjadi juara MotoGP Inggris 2021.

Rossi terlihat kecewa akibat performanya yang melorot. Padahal, ini menjadi penampilan terakhirnya sebagai pebalap MotoGP di Silverstone.

"Sayang sekali, saya sangat sedih. Saya ingin mencoba untuk mendapatkan hasil yang baik di sini. Karena saya suka treknya, suasananya bagus, ada banyak penggemar di trek. Tapi kebanyakan karena saya merasa nyaman dengan motornya. Lintasan memiliki titik teknis yang cepat, saya selalu kompetitif selama akhir pekan dan saya ingin mencoba masuk sepuluh besar," ujarnya.

Masalah ban belakang membuat Rossi melorot. Masalah pada ban ini sering membuat performa Rossi anjlok.

"Sedikit lebih sulit bagi kami dengan ban medium, saya lebih baik dengan ban belakang hard kemarin. Tapi hari ini sangat dingin, jadi kami harus mengambil (ban) medium," ucapnya.

"Saya akhirnya start dengan baik, di beberapa lap pertama saya adalah bagian dari grup (depan), yang artinya penting. Saya menetap kurang lebih di tempat yang saya harapkan--sekitar tempat ketujuh hingga kesembilan. Tetapi setelah lima atau enam lap, ban belakang mengalami penurunan yang luar biasa. Di sebelah kanan, saya tidak punya grip lagi, seperti ban habis terbakar. Saya mulai kehilangan satu detik, atau dua atau tiga detik per la[. Saya mencoba untuk melewati sampai akhir, tetapi saya benar-benar sangat lambat," jelas Rossi.



Simak Video "Rossi Janji Masih Balapan Tahun Depan!"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)