Terungkap, Desain Race Control Sirkuit Mandalika dengan Atap Istimewa

Tim Detikcom - detikOto
Senin, 23 Agu 2021 06:35 WIB
Race Control Sirkuit Mandalika
Desan race control Sirkuit Mandalika (Instagram @itdc_id)
Jakarta -

Tanda tanya besar soal wujud race control Sirkuit Mandalika akhirnya terungkap. Baru-baru ini Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) memamerkan wujud pusat kendali balapan yang desainya istimewa.

Akun Instagram ITDC memamerkan beberapa foto desain race control Sirkuit Mandalika. Pembangunan race control ini masih terus berjalan, di mana progresnya sudah mencapai lebih dari 80%.

Race control adalah pusat dari seluruh aktivitas balapan yang digelar di sirkuit. Race Control merupakan ruangan khusus yang diperuntukkan untuk melakukan supervisi dan mengatur jalannya balapan.

Race Control Sirkuit MandalikaRace Control Sirkuit Mandalika Foto: Instagram @itdc_id

Bukan sekadar bangunan biasa. Ruangan race control harus memiliki fasilitas penunjang untuk kerja pengawas balapan dan juga proses siaran langsung race. Oleh karena itu bangunan race control disyaratkan memiliki peredam suara, koneksi jaringan telepon baik nasional maupun internasional, jaringan WIFI, CCTV sebanyak 34 buah untuk 17 corner, televisi dengan ukuran 42 inch, light system, timing system dan transponder.

Race Control Sirkuit Mandalika yang Istimewa

Race Control Building Mandalika International Street Circuit memiliki luas 1.045 m2. Desainnya unik dan istimewa karena memadukan karakter kecepatan dan dinamis. Ada unsur kearifan lokal cerita Putri Mandalika juga dimasukkan dalam bangunan race control ini.

Yang juga terlihat khas dari bangunan race control adalah bagian atapnya.

Race Control Sirkuit MandalikaRace Control Sirkuit Mandalika Foto: Instagram @itdc_id

"Fasad bangunan dengan transformasi bentuk dan material mencerminkan kecepatan dan dinamisme di atas lintasan balap serta artikulasi Atap Nyale mempersatukan gubahan massa Race Control Building dengan bangunan Pit dan Paddock, menciptakan arsitektur yang khas di Mandalika." demikian ditulis ITDC pada akun Instagram mereka.

Race control Sirkuit Mandalika dijadwalkan selesai dibangun pada September 2021.

Selain menjadi pusat pengendali balapan dan markas stasiun televisi yang menyiarkan langsung ke seluruh dunia, bangunan race control juga memiliki akses langsung menuju Pit Lane dan sedekat mungkin dengan Start Line.

Dengan desainnya yang istimewa, bangunan Race Control ini sebagai Landmark bagi Mandalika International Street Circuit.



Simak Video "Bangga! Sirkuit Mandalika Pakai Aspal Terbaik di Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)