Sirkuit Portimao Venue MotoGP Portugal Nyaris Tersambar Kebakaran Hutan

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Rabu, 21 Jul 2021 18:37 WIB
PORTIMAO, PORTUGAL - APRIL 18: Fabio Quartararo of France and Monster Energy Yamaha MotoGP Team  heads down a straight during the MotoGP race during the MotoGP of Portugal - Race at Autodromo Internacional Do Algarve on April 18, 2021 in Portimao, Portugal. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Fabio Quartararo beraksi di Sirkuit Portimao, Portugal (Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

Perubahan iklim cukup ekstrim tengah melanda sejumlah negara di Eropa. Pekan ini Portugal sedang menghadapi cuaca panas tinggi yang menyebabkan kebakaran hutan, bahkan hampir melahap trek balap kebanggaan negara tersebut, Sirkuit Portimao, lokasi digelarnya MotoGP Portugal.

Kebakaran hutan akibat cuaca panas terjadi di Portimao, Portugal, pekan lalu. Akibatnya, puluhan warga yang tinggal di lokasi harus dievakuasi agar tidak menimbulkan korban jiwa.

Lokasi kebakaran hutan sendiri berada tidak jauh dari Sirkuit Portimao atau yang disebut juga Sirkuit Algarve. Sirkuit dengan panjang lintasan mencapai 4,6 km ini sempat terancam akibat kebakaran hutan yang sulit dikendalikan.

Dikutip dari Visordown, suhu udara yang meningkat beberapa hari terakhir menjadi faktor sejumlah hutan di dekat sirkuit mengalami kebakaran besar.

Beruntung, sebanyak lebih dari 300 petugas pemadam kebakaran berhasil memadamkan api dan mencegah kebakaran lebih luas hingga masuk ke arena sirkuit. Api pun sudah berhasil dipadamkan dan tidak ada korban jiwa dari kejadian tersebut.

Direktur Sirkuit Portimao, Paulo Pinheiro mengungkapkan rasa terima kasih kepada para petugas pemadam kebakaran melalui akun Facebook miliknya.

"Para petugas pemadam kebakaran yang terlibat sudah melakukan pekerjaan dengan baik dalam mencegah kebakaran lebih luas dan berhasil dikendalikan. Saya ucapkan rasa terima kasih sebesar-besarnya khusus kepada petugas yang bisa mencegah api melahap lintasan sirkuit. Mereka sangat berani dan jika Anda bertanya tentang sosok siapa yang paling berani, itu lah mereka. Terima kasih banyak," tulis Paulo Pinheiro.

Sirkuit Portimao sendiri masuk ke dalam kalender balap MotoGP musim ini. Dalam jadwal yang dirilis, balapan MotoGP Portugal akan berlangsung pada 7 November mendatang. Sementara ajang Formula 1 juga menggunakan sirkuit tersebut, namun balapan sudah digelar pada 2 Mei lalu.

Kebakaran di Portimao sendiri sudah terjadi sejak Minggu (18/7/2021). Akibatnya, 68 warga harus dievakuasi dari rumah masing-masing dan sebanyak 21 orang telah mengungsi di Portimao Arena. Pemadam kebakaran telah mengerahkan sedikitnya 450 petugas, 154 mobil damkar dan tujuh pesawat pemadam kebakaran hutan.



Simak Video "Bukan Pertamax atau Premium, Ini Bensin yang Dipakai Motor MotoGP"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)