VR46 Racing Team Jadi Tim Satelit Ducati Musim Depan, Rossi Batal Pensiun?

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Jumat, 25 Jun 2021 09:11 WIB
PORTIMAO, PORTUGAL - APRIL 16: Luca Marini of Italy and SKY VR46 Esponsorama rounds the bend during the MotoGP of Portugal - Free Practice at Autodromo Internacional Do Algarve on April 16, 2021 in Portimao, Portugal. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Racing Team VR46 jadi tim satelit Ducati musim depan (Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

Tim balap Racing Team VR46 milik Valentino Rossi secara resmi bekerja sama dengan Ducati. Kontrak yang terjalin antara mereka berdurasi tiga musim.

Dikutip dari laman resmi MotoGP, Sky Racing Team VR46 telah sepakat menjalin kerjasama dengan Ducati pada Kamis (24/6/2021). Itu membuat VR46 akan menjadi tim satelit kedua Ducati yang tampil di kelas MotoGP.

Sebelum menekan kerjasama dengan Ducati, Racing Team VR46 telah setuju untuk tampil di kelas MotoGP selama lima tahun terhitung sejak 2022 sampai 2026. Tim VR46 akan disponsori oleh perusahaan minyak dan gas asal Arab Saudi, Aramco.

Tim Aramco VR46 mendapat dua jenis motor Ducati di musim depan. Yang pertama adalah Desmosedici dengan spesifikasi pabrikan terbaru, lalu satunya lagi merupakan Desmosedici GP21.

Spekulasi mengatakan, pebalap yang mengisi tim VR46 baru ini adalah Luca Marini. Kemudian satu slot lagi diprediksi akan diisi oleh rider Marco Bezzecchi yang saat ini terjun di kejuaraan Moto2.

Namun sejumlah rumor lain mengatakan jika Rossi sendiri diharapkan mengisi satu diantara dua slot yang ada, mengingat kontraknya dengan Yamaha Petronas SRT akan habis akhir musim ini. Hal itu senada dengan yang disampaikan oleh pihak sponsor dari tim VR46.

"Akan luar biasa bagi saya jika Valentino Rossi bisa bersaing dalam beberapa tahun ke depan sebagai pebalap di Aramco Racing Team VR46 dan bersama dengan saudaranya, Luca Marini yang tahun ini sudah bersaing dengan sponsor dari produk kami yaitu KSA New Cities, MAIC Technologies, TANAL Entertainment Sport & Media," kata Raja Abdulaziz bin Abdullah Al Saud, selaku pemilik sponsor Aramco.

Meski begitu, spekulasi mengenai siapa rider yang akan mengisi slot tersebut belum terungkap. Terlebih, Rossi sendiri dikabarkan akan menentukan masa depannya setelah seri MotoGP Belanda yang berlangsung akhir pekan ini.

Dengan bergabungnya Racing Team VR46 di kelas MotoGP dengan menggunakan mesin Ducati, maka mulai musim 2022 akan ada delapan motor yang ditenagai oleh Desmosedici. Mulai dari pabrikan utama Ducati, Pramac Racing dan Aramco VR46 yang keduanya jadi tim satelit Ducati.



Simak Video "Marc Marquez di MotoGP Belanda: Start Ke-20, Finis Ketujuh"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)