MotoGP Jerman: Quartararo Bocorkan Rahasia Kesulitan Tim Yamaha di Sachsenring

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Selasa, 22 Jun 2021 07:36 WIB
HOHENSTEIN-ERNSTTHAL, GERMANY - JUNE 18: Fabio Quartararo of France and Monster Energy Yamaha MotoGP Team lifts the front wheel during the  MotoGP of Germany - Free Practice at Sachsenring Circuit on June 18, 2021 in Hohenstein-Ernstthal, Germany. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Fabio Quartararo berhasil menyabet posisi podium ketiga di gelaran MotoGP Jerman yang digelar pada Minggu (20/6/21) kemarin.Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Yamaha terseok-seok di MotoGP Jerman yang berlangsung pada Minggu (20/6/21) kemarin. Di Sirkuit Sachsenring yang punya karakter sempit ini, Yamaha tidak dapat berbuat banyak.

Fabio Quartararo adalah satu-satunya pebalap Yamaha yang berada di posisi depan dan berhasil menyabet podium ketiga.

Sementara itu, Maverick Vinales yang merupakan rekan setim Quartararo harus pulang tertunduk karena finis di urutan terakhir.

Pada sesi wawancara usai balap di MotoGP Jerman, Quartararo membeberkan salah satu bagian sirkuit yang menjadi momok bagi motor Yamaha.

"Saya rasa, kami (Yamaha) kesulitan untuk menghadapi tikungan ke 7. Motor kami seperti tidak bekerja di tikungan itu. Ini adalah kelemahan bagi kami," ujar Quartararo yang saat ini menduduki pemuncak klasemen MotoGP 2021 ini.

Menurutnya saat balapan belum dimulai, dirinya sudah merasa pesimistis dan tahu bahwa sirkuit ini akan memberikan kesulitan bagi motor Yamaha.

"Sejak pagi sebelum mulai balap saya mengatakan kepada tim, kalaupun kita bisa berjuang ini akan sangat sulit," ujar Quartararo.

"Menurut saya motor (Yamaha) ini sebenarnya tidak ada masalah. Tapi ternyata ketika di trek balapan semua berbeda. Kami tidak merasakan, mendapat motor yang baik," lanjutnya.

Quartararo dan timnya bahkan mengatur target yang tidak muluk-muluk untuk MotoGP Jerman ini.

"Kami punya target untuk finis di depan Ducati, dan mendapatkan podium. Ya dan ini yang kami dapatkan dan saya sangat senang dengan hasil ini," ujarnya bangga.

Quartararo mengaku sangat kesulitan sejak awal balap. Namun dirinya merasa bangga akan pencapaian yang didapatnya di MotoGP Jerman ini.

"Saat mulai balap saya memulai dengan start yang tidak terlalu bagus. Tidak cukup baik untuk masuk ke tikungan pertama dan saya tertinggal dari posisi terdepan," ujarnya.

"Tapi pada akhirnya, kami tetap bisa dapat podium dan finis di urutan ketiga. Saya cukup puas dengan hasil ini," tutup Fabio Quartararo.



Simak Video "MotoGP Jerman: Marc Marquez Rajanya Sirkuit Sachsenring"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/din)