Melihat Sejarah dan Rekor di Sirkuit Sachsenring, Rumah MotoGP Jerman

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Minggu, 20 Jun 2021 14:15 WIB
Empty stands can be seen during a free practice session of the German motorcycle Grand Prix at the Sachsenring racing circuit in Hohenstein-Ernstthal near Chemnitz, eastern Germany, on June 19, 2021. (Photo by Ronny Hartmann / AFP)
Salah satu tribun di Sirkuit Sachsenring Jerman Foto: AFP/RONNY HARTMANN
Jakarta -

Sirkuit Sachsenring yang berlokasi di kota Oberlungwitz, Jerman memang sudah lama menjadi rumah bagi MotoGP Jerman. Beragam kisah serta rekor MotoGP, pernah dicatatkan di sirkuit sepanjang 3.671 meter ini.

Tapi sebelum kita melihat catatan rekor MotoGP apa saja di sirkuit ini, mari kembali ke tahun 1920-an. Dilansir dari laman resmi MotoGP, pada era 1920-an animo masyarakat Jerman akan balapan mobil dan motor sudah sangat besar.

"Balapan mobil dan motor dulunya digelar dengan menutup jalanan umum di area perkotaan Chemnitz, Jerman, sejak 1920-an hingga era 1990," tulis MotoGP.

Pada tahun 1996, setelah balapan di jalur padat penduduk seperti ini dianggap tidak lagi cocok, maka dibangunlah sebuah sirkuit yang berlokasi sekitar delapan kilometer sebelah barat kota Chemnitz, yaitu Sirkuit Sachsenring.

"Meskipun lebih sering digunakan sebagai pusat pelatihan pengemudi dan stasiun keselamatan transportasi jalan raya, Sirkuit Sachsenring akhirnya menggelar MotoGP pertama ada tahun 1998," tulis MotoGP.

Lalu pada tahun 2001, sirkuit ini mendapat ubahan yang sangat drastis. "Banyak tikungan sempir yang menjadikannya (Sirkuit Sachsenring) ini salah satu trek yang lebih lambat dibanding Sirkuit lainnya di MotoGP. Namun, sirkuit ini tidak pernah kekurangan aksi balapan jarak dekat," tulis MotoGP.

Rekor di Sachsenring
Setelah pada musim 2020 lalu GP Jerman absen karena pandemi, kali ini para pebalap siap untuk berlaga di sirkuit yang pakai layout counter-clockwise.

Total ada 13 tikungan di Sirkuit Sachsenring ini, tiga ke kanan dan 10 ke kiri. Selain aksi di tikungan sempit, pebalap juga harus menaklukkan trek lurus setelah tikungan ke-12 dan tikungan ke-14.

Hingga artikel ini dimuat, sebelum gelaran MotoGP Jerman 2021 berlangsung, Marc Marquez masih memegang rekor All Time Lap Record dengan catatan 1'20.195.

Selain itu, Marquez juga masih memegang rekor 10 kali tak terkalahkan di Sirkuit ini. Rekor itu didapatkan usai bolak-balik naik podium tertinggi sejak masih di kelas 125cc pada tahun 2013 hingga kelas MotoGP pada 2019 silam.

Total di sirkuit ini, Marquez menang tujuh kali di kelas MotoGP, dua kali di kelas Moto2 dan satu kali di kelas 125cc. Hal ini yang membuatnya punya gelar 'King of The Ring'.

Namun untuk urusan top speed, Ducati rajanya di Sachsenring ini. Pada musim balap MotoGP 2015, Andrea Dovizioso mencatatkan top speed hingga 298.2 kilometer per jam di Sirkuit Sachsenring ini.



Simak Video "Marc Marquez di MotoGP Belanda: Start Ke-20, Finis Ketujuh"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/rgr)