Quartararo: Jangan Sampai Marquez Menang MotoGP Jerman, Bisa Kuat Lagi Nanti

Ridwan Arifin - detikOto
Sabtu, 19 Jun 2021 11:26 WIB
French rider Fabio Quartararo competes during a qualifying session ahead the Italian Moto GP Grand Prix at the Mugello race track in Scarperia e San Piero on May 29, 2021. (Photo by Tiziana FABI / AFP)
Fabio Quartararo ingin menjegal Marc Marquez di MotoGP Jerman (AFP/TIZIANA FABI)
Jakarta -

Pebalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo punya catatan kurang manis di sirkuit Sachsenring, MotoGP Jerman. Meski begitu, rider Prancis ini tetap ingin menjegal Marc Marquez.

MotoGP Jerman merupakan seri kedelapan kalender MotoGP 2021. Fabio Quartararo belum punya rekor bagus di sana, bahkan sedari memulai debutnya dalam ajang Moto3 pada 2015 silam.

Catatan terbaiknya adalah tempat kesembilan pada 2018 di kelas Moto2. Sementara di kelas MotoGP 2019 lalu, dia start dari posisi kedua, tapi jatuh di tikungan 3 saat baru memasuki lap kedua.

"Saya tidak pernah bersenang-senang di sini (Sachsenring). Tapi saya pikir itu pelajaran untuk saya dan setelah kekecewaan di Montmeló, saya di sini untuk melakukan yang lebih baik," ujar Quartararo seperti dikutip Speedweek, Jumat (18/6/2021).

Dalam perebutan gelar juara dunia MotoGP 2021. Fabio Quartararo berada di puncak klasemen sementara dengan keunggulan 14 poin dari Johann Zarco. Tapi Marc Marquez justru jadi ancaman.

Pebalap Spanyol itu memang bukan penantang gelar terdekat saat ini, tapi Quartararo melihat jika Marquez menang di Sachsenring akan jadi momentum kebangkitan bagi pebalap Repsol Honda tersebut. Apalagi Marquez sudah memenangi tujuh balapan terakhir di Jerman pada kelas MotoGP.

"Dia akan ada di sini. Ini balapan yang penting baginya, tapi saya melihat performa saya. Jika dia menang di sini, maka itu bisa melepaskan kekuatan dalam dirinya. Tapi saya yakin kita semua ingin mencegahnya," kata Quartararo.

Apa yang dikhawatirkan Quartararo mulai terlihat dalam hasil latihan bebas pertama. Catatan waktu Marquez pada sesi latihan pertama ini adalah satu menit 21,660 detik. Dia unggul tipis atas sang pemuncak klasemen Fabio Quartararo, di mana gap antara mereka cuma 0,168 detik.



Simak Video "MotoGP Jerman: Marc Marquez Rajanya Sirkuit Sachsenring"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)