MotoGP Jerman: Menuju Penentu Nasib Masa Depan Rossi, Lanjut atau Pensiun?

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Jumat, 18 Jun 2021 11:41 WIB
Valentino Rossi Terjatuh di Sesi Kualifikasi MotoGP Catalunya, Sabtu (6/6/21)
Valentino Rossi tinggal punya dua balapan lagi sebelum memutuskan kelanjutan masa depannya di ajang MotoGP (MotoGP)
Jakarta -

Valentino Rossi tinggal punya dua balapan lagi sebelum memutuskan kelanjutan masa depannya di MotoGP. Kalau masih mau lanjut, The Doctor harus tampil lebih baik di MotoGP Jerman, akhir pekan ini.

Rossi meraih hasil mengecewakan di awal musim MotoGP 2021. Pebalap tim Yamaha Petronas SRT ini baru mengantongi 15 poin dari tiga balapan di tujuh seri pertama. Dia bahkan sudah empat kali gagal mendulang poin, di mana dua di antaranya malah gagal finis karena jatuh.

Rossi sebelumnya mengatakan keputusan akhir masa depannya sebagai pebalap MotoGP akan ditentukan dalam dua seri berikutnya, yakni MotoGP Jerman dan MotoGP Belanda. Pebalap asal Italia pemilik sembilan gelar juara dunia ini akan membuat keputusan saat jeda musim panas berlangsung.

Meski performanya di musim ini jauh dari memuaskan, Rossi masih punya keyakinan besar untuk bisa meraih poin. Keyakinan itu datang dari hasil oke yang diraih dalam tes di Sirkuit Catalunya.

"Saat kami menjalani sesi tes motor di Catalunya Senin lalu, kami mencoba beberapa pengaturan yang ingin kami lihat dan ternyata kecepatan saya bagus. Saya berada di sepuluh besar dan ini adalah hal positif. Saya harap kami dapat melanjutkannya di Jerman dan meraih hasil bagus," kata Rossi dikutip dari Crash.

MotoGP Jerman absen digelar tahun lalu karena pandemi COVID-19. Di Sirkuit Sachsenring, Rossi sudah lama sekali tidak meraih kemenangan. Kali terakhir dia naik podium teratas di sana adalah pada 2009 silam. Sementara sejak 2010 sampai 2019,

"Ini adalah trek yang sangat berbeda dari yang lain, dengan banyak tikungan di kiri dan ini membuat sirkuit jadi cukup rumit, terkadang bisa sulit sekali. Tetapi saya memiliki beberapa pertarungan hebat di masa lalu, terutama pada tahun 2009," ungkapnya.

Walau sulit diprediksi akan meraih hasil apik, namun The Doctor tetap berusaha semaksimal mungkin untuk bisa meraih poin di GP Jerman. Dia berharap agar balapan bisa berjalan lancar sesuai dengan ekspektasi besarnya.

"Saya tak sabar untuk kembali setelah tahun lalu tidak bisa balapan di sana. Saya harap kami melanjutkan (hasil positif) di Jerman dan menjalani akhir pekan yang baik, di mana balapan akan berjalan seperti yang kami harapkan," tambah Rossi.



Simak Video "MotoGP Jerman: Marc Marquez Rajanya Sirkuit Sachsenring"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)