Bolak-balik Ganti, Begini Bentuk Layout Sirkuit Catalunya untuk MotoGP 2021

Muhammaf Hafizh Gemilang - detikOto
Minggu, 06 Jun 2021 15:18 WIB
Gran Premi de Catalunya Moto GP
Sirkuit de Barcelona Catalunya, tempat digelarnya MotoGP Catalunya 2021 Foto: Miquel Rovira
Jakarta -

Gelaran MotoGP Catalunya yang akan berlangsung pada Minggu (6/6/21) malam ini, akan dihelat di Sirkuit de Barcelona Catalunya, Montmello. Sirkuit yang sudah berusia genap 30 tahun ini, ternyata bolak-balik mendapat ubahan layout demi menjaga keselamatan pebalap.

Dilansir dari Race Fans, sirkuit yang menjadi 'Home of Spanish Grandprix' ini sudah ada sejak tahun 1991. Ada kabar yang beredar, bahwa seharusnya sirkuit ini baru bisa dipakai secara sempurna pada tahun 1992. Namun karena tuntutan politik akhirnya pada 1991, sirkuit ini terpaksa harus menggelar ajang balap Formula 1 dengan kondisi yang masih perlu banyak penyempurnaan.

Pada mulanya, Sirkuit Catalunya ini memiliki panjang lintasan 4,7 km dengan layout yang menyerupai kepiting. Namun layout yang dianggap terlalu berbahaya ini, terus mengalami perubahan hingga menjadi yang kita ketahui di tahun 2021 ini.

Pada 1994, sirkuit ini mendapat ubahan pertama. Hal ini dianggap penting, pascakejadian San Marino Grandprix 1994 yang berakhir tragis dengan kematian pebalap Formula 1, Roland Ratzenberger dan Ayrton Senna. Tikungan 'Nissan' atau tikungan ke-9 mendapat ubahan sementara dengan ditambahkannya tyre chicane untuk memperlambat laju pebalap setelah keluar tikungan.

Layout sementara ini dianggap lebih aman, sehingga pada 1995 sirkuit ini mengalami perubahan layout secara permanen di tikungan 9. Hingga saat ini, tikungan 9 sudah berubah total bentuknya dari sebelumnya. Kini tikungan 9 disambut trek lurus panjang yang diakhiri dengan tikungan tajam ke kiri untuk masuk ke tikungan 10.

Revisi kedua terjadi di tahun 2004, kali ini giliran tikungan ke 10 lah yang mendapat ubahan. Sebelumnya, tikungan 10 dianggap masih terlalu longgar untuk sebuah tikungan tajam, kali ini dipersempit ruangnya agar pembalap lebih aman ketika melaju di trek lurus menuju tikungan hairpin di tikungan 11.

Layout Sirkuit Catalunya MotoGP 2007 hingga 2016. Tikungan chicane bertambah dan total menjadi 16 tikunganLayout Sirkuit Catalunya MotoGP 2007 hingga 2016. Foto: MotoGP



Berselang tiga tahun, tepatnya pada tahun 2007 buldozer kembali harus turun ke sirkuit ini. Kali ini, tikungan jelang garis finish yang kena revisi. Awalnya sirkuit ini hanya memiliki 14 tikungan, namun sejak 2007 dari tikungan 13 pebalap harus melewati tikungan chicane 14 dan 15 sebelum akhirrya melesat cepat melewati tikungan 16 untuk mencapai garis finish.

Sejak 1991 tercatat ada empat kali ubahan besar dari Sirkuit Catalunya ini. Namun tidak berheti disitu, untuk ajang MotoGP pada tahun 2017 sirkuit ini lagi-lagi harus merubah layout demi keselamatan pebalap.

Dengan layout baru ini, pebalap memiliki run-off yang lebih luas di tikungan ke 12. Sehingga pada saat yang sama, di area ini pebalap dapat menuju area pit lane dengan tidak memotong seluruh lintasan yang dianggap membahayakan.

Ubahan di tahun 2017 ini, dilakukan pasca kematian pebalap Moto2 Luis Salom. Salom meninggal karena terjatuh dalam kondisi motor melaju kencang pada sesi Free Practice kedua di MotoGP Catalunya 2017.

Sirkuit Catalunya MotoGP 2021Sirkuit Catalunya MotoGP 2021 Foto: MotoGP

Sejak 2017 pula, layout sirkuit dengan 16 tikungan ini tidak lagi digunakan oleh MotoGP. Sekarang Sirkut yang digunakan oleh MotoGP, kembali menggunakan layout 14 tikungan.

Terakhir pada awal tahun 2021 ini, layout Sirkuit Catalunya kembali mendapat revisi minor. Tidak hanya untuk MotoGP, melainkan untuk ajang World Superbike hingga Formula 1. Lagi-lagi, tikungan 10 dianggap perlu mendapat ubahan.

Tikungan 10 kini dibuat semakin ketat dan dengan area run-off yang lebih banyak, sehingga pebalap bisa bermanuver lebih aman.

Kini, untuk tahun 2021 Sirkuit Catalunya memiliki total lintasan 4.657 meter untuk gelaran MotoGP. Dengan total 8 tikungan ke kanan dan 6 tikungan ke kiri.

Quartaro sang pole positon di MotoGP Catalunya 2021 ini mengaku menyukai layout tikungan 10 di Catalunya ini. "Layout-nya jauh lebih baik dan lebih terlihat seperti gaya Catalunya yang lama. Namun saya berharap grip-nya akan meningkat," ujar Quartaro seperti yang dilansir dari Crash.



Simak Video "Bukan Pertamax atau Premium, Ini Bensin yang Dipakai Motor MotoGP"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/din)