MotoGP Italia

Arrivederci, Inikah Balapan Terakhir Rossi di Mugello?

Doni Wahyudi - detikOto
Jumat, 28 Mei 2021 07:56 WIB
LE MANS, FRANCE - MAY 14: Valentino Rossi of Italy and Petronas Yamaha SRT looks on in box during the MotoGP of France - Practice at  on May 14, 2021 in Le Mans, France. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
MotoGP Italiad di akhir pekan ini bisa jadi yang terakhir yang bakal diikuti Valentino Rossi (Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

Mugello bukan sekadar sirkuit terbaik buat Valentino Rossi. Mugello adalah rumah buat The Doctor. Tapi balapan MotoGP Italia di akhir pekan ini mungkin akan jadi yang terakhir dia jalani di sana.

Sirkuit Mugello cuma berjarak beberapa kilometer saja dari kediaman Rossi. Dengan sukses besar yang diraih di balap grand prix, Rossi adalah dewa yang tak henti-henti dielukan saat berlaga di sana.

Apalagi dia kemudian meraih sukses besar di lintasan sepanjang 5,425 km itu. Total ada 9 kemenangan dikoleksi Rossi di tiga kelas berbeda. Yang spesial adalah tujuh kemenangan beruntun yang dia raih dalam rentang 2002 sampai 2008.

Setelah debut pada 1996 dan total menjalani 19 balapan di sana (Rossi absen pada 2010 karena cedera dan MotoGP Italia tak dihelat musim lalu lantaran pandemi COVID), The Doctor bisa jadi akan melakoni race terakhirnya di Mugello pada akhir pekan ini. Itu tentunya tak lepas dari rumor yang terlanjur berembus kencang bahwa dia akan pensiun di penghujung tahun.

"Selalu ada risiko itu (Rossi menjalani balapan terakhirnya di Mugello tahun ini), meski saya berharap tidak begitu," kata teman dekat Rossi, Alessio Salucci, atau yang akrab disapa Uccio.

"Seperti yang dia bilang sendiri. Dia ingin menunggu sebelum mengambil keputusan itu, mungkin keputusan itu akan dia ambil di jeda musim panas, saat dia lebih punya banyak waktu untuk memikirkannya," lanjut Uccio dikutip dari GPOne.

Di awal musim Rossi memang sempat mengatakan dirinya bakal mengambil keputusan soal masa depannya di tengah musim. Keputusan pensiun atau lanjut akan dia pilih berdasarkan performa di beberapa balapan awal.

Nah, sejauh ini apa yang didapat Rossi jauh dari memuaskan. Dua hasil buruk di Qatar dilanjutkan dengan kegagalan finis di Portugal. Lalu berturut-turut rider 42 tahun itu finis pada urutan 17 dan 11 di Spanyol dan Prancis.

"Dia akan memutuskan itu. Dan orang-orang terdekatnya seperti saya dan Albi (Alberto Tebaldi) akan menghormati keputusan yang akan diambil. Kami sudah tahu posisi kami. Lanjut lagi di tahun depan," seloroh Uccio sambil tertawa.

"Tapi yang terpenting adalah bersenang-senang," tuntas dia.

===

Saksikan live streaming MotoGP Italia di detikOto, Minggu (31/5) mulai pukul 19.00 WIB, pada link berikut ini.



Simak Video "Valentino Rossi Positif Corona, Yamaha Jelaskan Kronologinya"
[Gambas:Video 20detik]
(din/lua)