Finis ke-17 Bikin Rossi Down, Tapi Kini Tersenyum Lagi Usai Test Jerez

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 04 Mei 2021 10:30 WIB
JEREZ DE LA FRONTERA, SPAIN - MAY 02: Valentino Rossi of Italy and Petronas Yamaha SRT  prepares to start on the grid during the MotoGP race during the MotoGP of Spain - Race at Circuito de Jerez on May 02, 2021 in Jerez de la Frontera, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Valentino Rossi Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Valentino Rossi mengaku moralnya sempat turun usai finis ke-17 di MotoGP Spanyol, Minggu (2/5). Tapi ia kembali tersenyum setelah menjalani sesi test resmi di Jerez, Senin (3/5). Apa yang bikin The Doctor bahagia lagi?

Pada sesi tes di sirkuit Jerez - Angel Neito, Spanyol ini, Rossi merasakan motornya mengalami perubahan ke arah yang lebih baik. Ia mulai nyetel dengan YZR-M1 terutama saat masuk dan keluar tikungan.

"Saya dalam keadaan putus asa butuh memperbaikinya. Dan ini hari yang baik, karena dalam kondisi yang sempurna untuk mengendarai motor, saya bekerja keras dan melakukan banyak putaran (test di Sirkuit Jerez)," kata Rossi seperti dikutip dari GPone, Selasa (4/5/2021).

Rossi berhasil berada di tempat ke 12 usai menjalani sesi test Jerez. Catatan lap terbaiknya datang di angka 1 menit 37,7 detik. Terpaut 0,821 detik dari pebalap tercepat saat test official di Jerez, Maverick Vinales.

"Setelah mendapati weekend terakhir, moral saya dan tim sangat rendah, tapi hari ini saya menjadi lebih cepat, segalanya sedikit lebih baik, bahkan dalam beberapa kesempatan ada senyum malu-malu," tambah Rossi.

Pebalap berusia 42 tahun itu juga mengungkapkan bahwa Yamaha mendatangkan teknisi baru yang membawa perubahan ke arah yang lebih baik. Khususnya masalah pada pengereman dan kecepatan saat masuk dan keluar tikungan.

"Kita akhiri hari itu dengan sensasi yang luar biasa, khususnya saya merasa bisa mengendarai lebih baik. Kita juga sudah bekerja sama tim dengan bagus, dengan sedikit perbaikan pada pengereman saat tikungan, dan Yamaha juga membawa saya staff baru yang bekerja dengan oke," kata Rossi.

Prancis dan di Mugello, Rossi dilarang membuat kesalahan, ini adalah dua babak yang menentukan masa depannya. Akankah dia menemukan solusi untuk masalah pada M1?

"Selalu sulit untuk mengatakannya karena pada akhirnya ini hanya ujian di mana ada kondisi yang berbeda, cara kerjanya berbeda dari balapan akhir pekan. Dan yang terpenting, kami akan balapan di Le Mans minggu depan dalam kondisi berbeda. Tapi saya sangat senang dengan apa yang terjadi hari ini," jelas Rossi.

Apalagi dari empat balapan yang sudah digelar dia belum sekalipun masuk 10 besar. Rossi finis di posisi 12 dan 16 pada dua race pembuka musim yang dilangsungkan di Qatar. Sementara di Portugal, dua pekan lalu, Rossi gagal finis.

Memberikan pernyataan usai balapan, Rossi menyebut dirinya masih mencintai MotoGP. Tapi bertarung susah payah hanya untuk berada di urutan 17 bukan hal yang menyenangkan untuknya.

"Yang pasti saya menyukai MotoGP, saya mencintai MotoGP. Tapi saat anda harus bertarung untuk berada di posisi 17, itu tak lagi menyenangkan," cetus Rossi usai finis di posisi 17 di MotoGP Spanyol.



Simak Video "Aksi Sandiaga Uno Jajal Mini Triatlon di Mandalika"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)