Marc Marquez Alami Crash Horor, Joan Mir Kritik Sirkuit Jerez

Ridwan Arifin - detikOto
Minggu, 02 Mei 2021 10:00 WIB
PORTIMAO, PORTUGAL - NOVEMBER 21: Joan Mir of Spain and Team Suzuki ECSTAR  looks on in box  during the qualifying for the MotoGP of Portugal at Algarve Motor Park on November 21, 2020 in Portimao, Portugal. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Joan Mir Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jerez -

Marc Marquez mengalami kecelakaan horor saat sesi latihan bebas ketiga di Sirkuit Jerez, Spanyol. Peristiwa itu juga mengundang Joan Mir untuk berkomentar dengan nada kritik.

Seperti diketahui Marc Marquez mengalami crash di tikungan 7 putaran terakhir di Sirkuit Jerez-Angel Nieto, Sabtu (1/5/2021). The Baby Aliens kehilangan daya cengkeram ban saat melaju dalam kecepatan 180 km/jam.

Marquez beserta motornya tergelincir ke gravel trap, dia lalu terlempar dari motor RC-213VS, kemudian menabrak pagar pembatas. Pun menit-menit akhir jelang berakhirnya sesi, Pol Espargaro juga ikutan terjatuh di Tikungan 7.

Ini juga dialami Joan Mir pada 2019 lalu. Rider Suzuki Ecstar itu mengkritik sisi keamanan Sirkuit Jerez. Menurutnya Sirkuit dengan panjang 4.428 kilometer ini tak cukup aman bagi pebalap MotoGP.

"Hari ini kondisinya tidak dalam yang terbaik, (cuacanya) panas tapi angin dingin, dan itu juga mendinginkan ban dan trek. Saya percaya kecelekaan itu terjadi karena hal-hal tersebut, tidak hanya pebalap yang nge-push terlalu keras. Tapi perlu dikatakan ada beberapa masalah keselamatan pada trek ini," ujar Joan Mir seperti dikutip GPone, Minggu (2/5/2021).

Salah satu yang dikritik Joan Mir ialah area run-off dari Sirkuit Jerez. Wilayah ini biasanya terletak sebelum gravel, area ini memungkinkan pebalap yang sedikit keluar dari lintasan bisa kembali masuk ke lintasan.

"Area run-off tidak cukup besar untuk MotoGP. Banyak tikungan, sementara kita terbatas, khususnya di tikungan 1,7, dan 10. Saya pernah kecelakaan di turn 7 pada 2019, dan menabrak pembatas seperti yang terjadi pada Marquez dan juga Espargaro hari ini."

"Kita suda bicarakan pada safety commission tentang hal ini. Saya pikir membuat trek balap yang aman akan memerlukan uang yang banyak. Ini selalu jadi cerita yang sama, tidak ada satupun yang berubah sampai sesuatu hal terjadi. Saya harap tahun depan mereka akan melakukan modifikasi di beberapa area, dan juga pada tahun-tahun yang akan datang," kata jelas dia.



Simak Video "MotoGP Jerman: Marc Marquez Rajanya Sirkuit Sachsenring"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/riar)