Start dari Posisi 17 di MotoGP Portugal, Rossi Merasa Lebih Cepat

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Minggu, 18 Apr 2021 14:12 WIB
Petronas Yamaha SRTs Italian rider Valentino Rossi drives during the warm up ahead of the Moto GP Grand Prix of Doha at the Losail International Circuit, in the city of Lusail on April 4, 2021. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)
Valentino Rossi. Foto: AFP/KARIM JAAFAR
Jakarta -

Valentino Rossi masih berjuang keras dengan motor Yamaha M1 di tim Petronas Yamaha SRT. Pebalap Italia itu akan memulai balapan di Portimao dari grid ke-17.

Ini bukan hasil kualifikasi yang mengesankan bagi Rossi. Dia mengaku khawatir dengan performanya di Petronas Yamaha SRT dibanding dengan pebalap lain yang juga menggunakan motor Yamaha.

Sebagai catatan, Sirkuit Internasional Algarve di Portugal terbukti menjadi salah satu yang terlemah bagi Yamaha di musim lalu.

Setelah mencatatkan hasil terburuknya di kualifikasi terakhir kali di Qatar, performa Rossi gagal pulih di Portugal. Rossi 1,1 detik lebih lambat dari Fabio Quartararo yang merebut pole position dengan mesin Yamaha yang sama.

Rossi melihat Quartararo, Maverick Vinales, serta Franco Morbidelli menunjukkan kecepatan yang kuat di FP4. Rossi mengakui situasinya saat ini cukup mengkhawatirkan.

"Ya, dua motor dari tim pabrikan dengan Quartararo dan Vinales lebih kuat dari saya, mereka lebih cepat. Jadi, ya, saya khawatir terutama karena saya mengharapkan--dan saya ingin mencoba--menjadi lebih kompetitif," kata Rossi dikutip dari Motorsport.

"Tapi satu-satunya cara adalah bekerja dan mencoba langkah demi langkah untuk meningkatkan sedikit."

Rossi mengatakan dia sedikit lebih cepat di MotoGP Portugal kali ini dibandingkan tahun 2020. Tapi, kata dia, membuat langkah besar dengan motor terbukti sulit.

"Sangat sulit untuk membuat langkah besar. Tapi setiap trek balap berbeda. Di sini, dibandingkan dengan balapan kedua di Qatar, saya sedikit lebih baik, tetapi saya tidak berada di grup teratas. Saya sedikit lebih cepat dibandingkan tahun lalu selama latihan, tapi bagaimanapun itu tidak cukup untuk memperebutkan posisi yang baik," katanya.

"Jadi yang pasti besok akan sulit dimulai dari belakang, dan kecepatan saya tidak ada yang fantastis," sebutnya.



Simak Video "Miguel Oliveira Pole Position, Joan Mir Start Ke-20 di MotoGP Portugal"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lua)