Melihat Perkembangan Sirkuit Mandalika buat MotoGP Indonesia 2022

Tim detikcom - detikOto
Sabtu, 10 Apr 2021 10:42 WIB
Sirkuit Mandalika
Sirkuit Mandalika. Foto: (Wisnu/20detik)
Jakarta -

Indonesia bakal menjadi tuan rumah MotoGP. Meski dipastikan tak bisa digelar tahun 2021 ini, MotoGP Indonesia diharapkan bisa digelar pada Maret 2021 di Sirkuit Mandalika.

Kini, Sirkuit Jalan Raya Mandalika itu masih dikebut pengerjaannya. Perkembangan pembangunan Sirkuit Mandalika itu ditayangkan dalam video yang diunggah akun instagram resmi MotoGP.

Dalam video tersebut tampak Sirkuit Mandalika telah diaspal di beberapa bagian. Namun, belum semua bagian sirkuit selesai dilapisi aspal. Pengerjaannya terus dikebut untuk bisa menggelar MotoGP tahun 2022 mendatang.

Sirkuit Mandalika memiliki 17 tikungan. Ada beberapa tikungan tajam, ada juga tikungan yang bisa dipacu dengan kecepatan tinggi.

Dalam video yang diunggah akun instagram MotoGP itu terlihat proses pengaspalan sudah melewati tikungan 10 per 6 April 2021. Namun, layout sirkuit sudah bisa terlihat dengan jelas tikungan demi tikungan maupun trek lurusnya.

Paddock area pun tengah disiapkan. Paddock akan dibangun sejajar dengan trek lurus start-finis.

[Gambas:Instagram]



Dorna Sports dan FIM telah melakukan kunjungan ke Indonesia pada awal pekan ini. Dorna dan FIM ketika itu mengaku puas dengan perkembangan pembangunan sirkuit. Meski begitu, MotoGP Indonesia dipastikan tidak akan dihelat tahun ini.

Pihak Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) sebenarnya optimistis Sirkuit Mandalika bakal siap menggelar balapan MotoGP Indonesia tahun ini. Tapi Dorna dan FIM berkata lain.

"Target untuk Sirkuit Internasional Jalan Raya Mandalika masih untuk menggelar MOTUL FIM Superbike World Championship pada 14 November 2021. Namun, karena pandemi COVID-19 yang masih berlangsung, seluruh pihak yang terlibat sepakat untuk menahan gelaran MotoGP pertama di sirkuit ini di paruh pertama musim 2022, secara prinsip di Bulan Maret," demikian dikutip dari situs resmi MotoGP.

Meski gagal jadi tuan rumah MotoGP tahun ini, Indonesia masih diberi peluang untuk menggelar sesi latihan resmi. Itu diperkirakan akan bisa dilakukan menjelang akhir 2021.



Simak Video "Terus Dikebut, Ini Perkembangan Pembangunan Sirkuit Mandalika"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)