Sudah Bagus-bagus Start ke-4, Kenapa Rossi Akhirnya Jeblok di MotoGP Qatar?

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Rabu, 31 Mar 2021 19:08 WIB
Valentino Rossi di di kualifikasi MotoGP Qatar 2021.
Valentino Rossi, sudah oke di kualifikasi eh jeblok saat balapan (motogp.com)
Jakarta -

Penampilan Valentino Rossi pada seri pembuka MotoGP 2020 tak memuaskan setelah cuma bisa finis di urutan 12. Pembalap berusia 42 tahun itu mengaku mendapat masalah pada motornya sehingga tampil kurang maksimal.

Meski berhasil meraih peringkat keempat dalam sesi kualifikasi, namun nyatanya The Doctor tidak bisa memaksimalkan kesempatan tersebut untuk bersaing meraih podium. Sejak balapan dimulai, Rossi tampil kurang konsisten dan terus tercecer hingga akhirnya terlempar dari 10 besar.

Rossi mengaku bahwa saat jalannya balapan terdapat masalah pada ban motornya. Hal ini yang menjadi alasan dirinya tampil kurang optimal.

"Kami berharap lebih banyak pastinya, terutama setelah kualifikasi. Namun dalam balapan saya sangat kesulitan, setelah beberapa lap ban pada motor saya mengalami masalah," kata Rossi dikutip Autosport.

Hal ini yang menyebabkan Rossi tak sanggup bersaing dengan para pembalap lain. Sayangnya, masalah pada ban ini sudah dialaminya sejak sesi latihan bebas pada hari Jumat.

"Untuk beberapa alasan saya memberi tekanan terlalu banyak pada ban belakang, sehingga ban jadi kehilangan performa dan akhirnya setelah beberapa lap saya tidak cukup cepat. Sayangnya ini juga terjadi pada hari Jumat," ungkapnya.

Rossi sempat mengevaluasi ban belakangnya yang bermasalah selama sesi latihan di hari Sabtu. Namun dirinya tidak mendapatkan cukup kecepatan untuk mengetahui seberapa besar resiko ban dalam kondisi balapan yang lebih dingin.

"Selama sesi latihan bebas di hari Jumat saya memiliki perasaan jika ada masalah pada ban ini, kemudian kami mencoba sesuatu, tetapi belum dapat memperbaikinya," ujar Rossi.

"Pada hari Sabtu kami mencoba ban belakang menggunakan hard compound karena mengalami masalah dengan menggunakan soft di hari Jumat, tetapi ban belakang keras tidak cukup cepat di lintasan," sambungnya.

Bukan Rossi saja yang mengalami masalah tersebut, pembalap Fabio Quartararo juga mengeluhkan hal yang sama terkait daya tahan bannya. Akan tetapi dirinya terus berjuang dan berhasil finish di posisi kelima.



Simak Video "MotoGP Jerman: Marc Marquez Rajanya Sirkuit Sachsenring"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)