Diundang Aprilia, Dovizioso Comeback ke MotoGP

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Kamis, 18 Mar 2021 18:55 WIB
Andrea Dovizioso pada konferensi pers jelang MotoGP Portugal 2020.
Andrea Dovizioso comeback ke MotoGP (Dorna Sports)
Jakarta -

Pembalap Andrea Dovizioso membuat heboh setelah memutuskan kembali ke ajang balap MotoGP musim ini. Dia akan menjadi test rider untuk Aprilia Racing.

Dovizioso, peraih tiga kali runner up juara dunia MotoGP, akan menjalani uji coba selama tiga hari di sirkuit Jerez, Spanyol, pada 12-14 April. Di akan menggeber motor Aprilia RS-GP.

Andrea Dovizioso tak terikat kontrak dengan tim manapun sejak mengakhiri kerja sama dengan Ducati di akhir musim 2020. Rider asal Italia ini kemudian memutuskan untuk rehat sejenak dari dunia balap MotoGP musim ini.

Namun Dovi sepertinya masih belum bisa jauh dari MotoGP. Maka saat Aprilia Racing datang dan menawarinya untuk menjadi test rider, tanpa ragu pembalap berusia 34 tahun ini menerima.

Dovizioso pun mengungkapkan rasa bahagianya bisa menjadi bagian test rider untuk tim Aprilia. Dengan mengikuti tes pramusim ini, dirinya berharap bisa memberikan performa terbaik serta masukan kepada tim teknisi.

ALCANIZ, SPAIN - OCTOBER 24: Andrea Dovizioso of Italy and Ducati Team rounds the bend during the qualifying for the MotoGP of Teruel at Motorland Aragon Circuit on October 24, 2020 in Alcaniz, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)Dovi comeback sebagai test rider Apriulia Racing. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp

"Saya senang dengan ketertarikan Aprilia dan ketika kami berbicara tentang peluang melakukan tes ini, saya dengan senang hati menerima undangan untuk mengendarai motor MotoGP lagi dan tetap dalam performa terbaik, serta memberi masukan kepada para teknisi. Saya ingin berterima kasih kepada Aprilia Racing atas kesempatan ini," kata Dovizioso dikutip Autosport.

Sementara CEO Aprilia Racing, Massimo Rivola, mengatakan sangat senang bisa mengundang Dovizioso. Namun tes pramusim ini hanya sebagai kesempatan mengenal lebih baik lagi, tanpa ada kesepakatan bersama ke depan.

"Senang sekali bisa mengundang Andrea (Dovizioso). Beberapa hari di Jerez akan menjadi peluang untuk mengenal lebih baik lagi, dan juga di lintasan. Tapi adanya tes pramusim ini hanya untuk melihat peluangnya dalam beberapa lap, tanpa ada kesepakatan bersama di masa depan. Kami menyadari kualitas dan kontribusi yang dimiliki Andrea sangat penting, meskipun hanya satu test saja," ungkap Rivola.

Tim Aprilia Racing menunjukkan performa menjanjikan saat tampil pada sesi tes pramusim yang berlangsung di Qatar pekan lalu. Pembalap mereka, Aleix Espargaro berhasil tampil memukau dengan finish di peringkat keenam sebagai rider tercepat.

Sebelumnya, Dovizioso sempat mendapat tawaran dari Yamaha untuk menjadi test rider, namun dirinya menolak karena belum menginginkan kembali balapan sampai 2022 mendatang.

Spekulasi lain mengatakan jika Dovizioso akan menggantikan Marc Marquez yang sempat diragukan tampil di tes pramusim karena masih tahap pemulihan cedera. Akan tetapi Honda membantah rumor tersebut dan memilih Stefan Bradl sebagai test rider mereka.



Simak Video "Bukan Pertamax atau Premium, Ini Bensin yang Dipakai Motor MotoGP"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)