Quartararo Ogah Disebut Pengganti Rossi di Tim Pabrikan Yamaha

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 17 Feb 2021 09:56 WIB
Tim Monster Energy Yamaha memperkenalkan tim di MotoGP 2021, Senin (15/2/2021).
Tim MotoGP Yamaha musim 2021 Foto: dok. Monster Energy Yamaha
Jakarta -

Monster Energy Yamaha memperkenalkan timnya yang akan mengarungi MotoGP 2021. Satu yang menjadi sorotan ialah Fabio Quartararo, pebalap asal Prancis itu tak ingin disebut sebagai pengganti Valentino Rossi di tim pabrikan garpu tala.

Kedatangan Quartararo di tim Pabrik Yamaha dilakukan dengan mengorbankan pebalap paling terkenal dalam sejarah MotoGP, Valentino Rossi. Tetapi Quartararo ingin menjauhkan diri dari setiap pembicaraan untuk menggantikan pembalap Italia itu.

"Saya tidak menggantikan Valentino karena tempat Valentino unik," kata Quartararo seperti dikutip Crash, Selasa (16/2/2021).

El Diablo --julukan Quartararo--mengatakan bahwa hal ini merupakan impiannya sedari kecil. Ia tak menyangka bisa bertukar kursi dengan idolanya sendiri.

"Saya pikir Vale adalah raja MotoGP, yang mempersembahkan banyak hal kepada Yamaha. Kami hanya bertukar tunggangan dan itu mimpi, momen besar bagi saya untuk membuat perubahan dengan idola Anda. Tapi yang pasti Vale akan melakukannya dengan sangat baik dengan Tim Petronas," sambung Quartararo.

Lebih lanjut, rider asal Prancis ini tahu betul timnya bakal berbeda. Sebab, Quartararo hanya membawa Diego Gubellini, Crew Chief. Ia berharap bisa membangun suasana kekeluargaan dalam timnya.

Tentu ini momen super penting bagi karier saya, namun kepindahan dari tim satelit ke pabrikan tak berarti semua orang harus kaku," tuturnya.

"Saya tak mau jadi rider yang datang dan sekadar bilang, 'Halo' lalu fokus balapan. Jika saya bisa bersenang-senang dengan tim dan membantu mereka, meski hal-hal kecil seperti membersihkan fairing atau lainnya, itu karena saya tak perlu melupakan hal-hal macam ini sekalinya membela tim pabrikan," terang Quartararo.

Satu hal yang akan tetap dilakukannya seperti saat berseragam Petronas Yamaha SRT ialah ritual menyalakan motor sendiri dalam sesi latihan.

"Saya pindah dari tim satelit ke pabrik, yang lebih penting, lebih besar, tetapi bagi saya sama saja. Saya berada di atas motor, bersenang-senang dan dengan orang yang saya cintai ... Jadi saya dapat memastikan bahwa saya akan menyalakan motor saya sendiri kapan pun saya bisa sebelum setiap latihan! " tambah Quartararo, mengacu pada ritual yang ia lakukan bersama mekaniknya sejak bergabung dengan MotoGP pada akhir 2018 lalu.

Tim Monster Energy Yamaha masih akan menggunakan motor YZR-M1 untuk MotoGP 2021. Hanya saja, tampilan fisik motor didominasi corak warna hitam dan biru, dengan warna hijau stabilo logo Monster Energy di bagian depan dan kedua sayap.



Simak Video "Balada Quartararo: Manis-manis Dahulu, Pahit Kemudian"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)