Sebut-sebut Jokowi, Dorna Kasih Harapan Indonesia Bisa Gelar MotoGP 2021

Tim detikcom - detikOto
Rabu, 02 Des 2020 14:14 WIB
Render Sirkuit MotoGP Mandalika
Rencana sirkuit MotoGP di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Foto: Dok. MGPA
Jakarta -

Indonesia tengah bersiap menggelar agenda balap motor dunia, MotoGP. Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat, terus dikerjakan sebelum menggelar MotoGP 2021.

Di kalender sementara MotoGP 2021, Indonesia memang dapat slot sebagai venue cadangan. Musim depan, MotoGP direncanakan akan ada 20 balapan digelar. Bersamaan dengan itu ada tiga sirkuit yang berstatus cadangan. Ketiga Sirkuit cadangan itu adalah Algrave International Circuit (Portugal), Igora Drive Circuit (Rusia), dan Mandalika International Street Circuit (Indonesia).

Status cadangan (reserve venue) yang didapat MotoGP Indonesia sempat simpang siur. Mandalika Grand Prix Association (MGPA) mengklaim, reserve venue berarti mereka dapat perlakuan khusus yakni bisa menentukan sendiri tanggal dan kapan waktu penyelenggaraan terbaik menurut MGPA.

Carmelo Ezpelata, CEO Dorna sebagai penyelenggara MotoGP mengatakan pihaknya mengakui upaya besar dari banyak pemangku kepentingan dalam proyek MotoGP Indonesia. Dia menilai, Indonesia memiliki upaya besar untuk bisa menggelar MotoGP lagi setelah 23 tahun absen.

Sirkuit MandalikaSirkuit Mandalika Foto: dok. Polda NTB

"Kami ingin menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi dan Kementeriannya atas komitmen mereka dalam membawa International Motorsport ke Indonesia pada tahun 2021. Dukungan mereka yang berkelanjutan sangat penting untuk menghadirkan acara yang fantastis. Kami juga mengapresiasi upaya besar yang telah dilakukan tim MGPA, di bawah kepemimpinan Ricky Baheramsjah sejauh ini dan kami akan terus mendukung mereka dengan cara apa pun untuk tahun-tahun mendatang. Tim ini dan mitra motorsport mereka telah menunjukkan bahwa mereka dapat memberikan FIM MotoGP World Championship Grand Prix," kata Ezpelata dikutip dari laman resmi MotoGP.

Usai bertemu dengan para finalis Puteri Indonesia 2019 dan Miss Universe 2018 Catriona Elisa Magnayon Gray, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Chief Executive Officer (CEO) Dorna Carmelo Ezepeleta dan pebalap muda Indonesia. Jokowi sempat menunggangi motor balap di Istana Bogor.Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Chief Executive Officer (CEO) Dorna Carmelo Ezepeleta dan pebalap muda Indonesia. Jokowi sempat menunggangi motor balap di Istana Bogor. Foto: Ray Jordan

Ezpelata memberikan harapan Indonesia bisa saja menggelar MotoGP 2021. Yang terpenting ada tiga hal yang harus menjadi fokus Indonesia dalam mempersiapkan diri menggelar MotoGP.

"Fokusnya harus pada konstruksi, homologasi serta pengujian, terutama karena ini adalah sirkuit jalanan yang baru. Seperti yang disebutkan, ada kemungkinan bahwa perubahan akan terjadi pada Kalender Sementara dan setelah kami memiliki gambaran yang lebih jelas, tentu saja tergantung pada konstruksi dan pengujian, kami dapat mulai mendiskusikan kemungkinan tanggal untuk Grand Prix pada tahun 2021."

Dia menekankan, Indonesia adalah pasar yang penting untuk MotoGP. Dukungan terhadap gelaran MotoGP sangat kuat di negeri ini.

"Sudah 23 tahun sejak kami menyelenggarakan Grand Prix terakhir di Indonesia dan kami sangat bersemangat untuk kembali secepatnya. Kami telah bekerja dengan tim di MGPA selama 4 tahun terakhir, mereka memiliki kepercayaan kami dan proyek tersebut mendapat dukungan dari Presiden Indonesia yang kami terima pada Maret 2019 di Istana Bogor," kata Ezpelata.



Simak Video "Daftar Pembalap MotoGP 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)