Joan Mir Juara MotoGP Jadi Kado Ultah 100 Tahun Suzuki

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 16 Nov 2020 09:49 WIB
VALENCIA, SPAIN - NOVEMBER 14: Joan Mir of Spain and Team Suzuki ECSTAR  rounds the bend during the qualifying for the MotoGP of Comunitat Valenciana at Comunitat Valenciana Ricardo Tormo Circuit on November 14, 2020 in Valencia, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Joan Mir jadi Juara Dunia MotoGP 2020. Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Pebalap Suzuki, Joan Mir, menjadi juara dunia MotoGP 2020. Pebalap asal Spanyol itu memberikan kado spesial kepada Suzuki yang genap seabad di tahun ini.

Joan Mir memimpin puncak klasemen pebalap dengan mengumpulkan 171 poin, selisih 29 poin dari pebalap di posisi ke-dua. Kondisi tersebut memastikan Joan Mir menjadi Juara Dunia MotoGP tahun ini, meski masih ada satu putaran lagi di Portugal nanti.

Perolehan mahkota Juara Dunia bertepatan dengan banyak peristiwa penting di sejarah Suzuki. Salah satunya adalah ulang tahun Suzuki ke-100 di Dunia. Dalam dunia balap, kemenangan tersebut terjadi pada momen 60 tahun Suzuki berlaga di kejuaraan dunia balap.

Gelar Juara Dunia musim 2020 adalah gelar ke-16 bagi Suzuki dan yang kedua bagi Joan Mir, setelah menjadi Juara Dunia di kelas Moto3 pada tahun 2017 lalu. Joan Mir adalah pebalap ke-10 dalam sejarah yang memenangkan gelar Juara Dunia menggunakan Suzuki, ditinjau dari semua kategori, dan menjadi pebalap yang ketujuh di kelas 500cc/MotoGP. Hari ini juga merupakan hari bersejarah dan penting bagi Tim Suzuki Ecstar, karena menjadi Tim pertama dalam sejarah Suzuki yang memenangkan Kejuaraan Dunia kategori Tim.

"Kejuaraan Dunia? Kedengarannya luar biasa! Sangat sulit untuk menemukan kata-katanya saat ini, tetapi saya harus mengucapkan terima kasih kepada begitu banyak orang; kepada Suzuki atas kesempatan ini, saya sangat senang memberi mereka gelar! Menjadi orang yang memberi mereka mahkota lagi setelah 20 tahun adalah perasaan yang luar biasa dan kehormatan sejati," kata Joan Mir.

VALENCIA, SPAIN - NOVEMBER 15: Joan Mir of Spain and Team Suzuki ECSTAR  celebrates with champagne the victory of 2020 championship of MotoGp season  on the podium at the end of the MotoGp race during the MotoGP of Comunitat Valenciana at Comunitat Valenciana Ricardo Tormo Circuit on November 15, 2020 in Valencia, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)Joan Mir jadi Juara Dunia MotoGP 2020. Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp

"Seluruh tim melakukan pekerjaan luar biasa, dan saya sangat gembira dengan kemenangan kejuaraan ini. Saya telah menempuh perjalanan panjang sejak menjadi seorang anak yang hampir tidak punya uang untuk pergi balapan, dan keluarga saya harus berterima kasih untuk ini. Saya bekerja sangat keras untuk mencapai puncak dan penghargaan ini luar biasa. Balapan hari ini tidak mudah, tetapi saya mendapatkan hasil yang saya butuhkan dan saya berharap mendapatkan hasil yang bagus di Portimao. Saatnya merayakan tapi kita harus melakukannya dengan bertanggung jawab."

Presiden Suzuki Motor Corporation, Toshihiro Suzuki mengapresiasi Tim Suzuki Ecstar dan Joan Mir yang menjadi Juara Dunia MotoGP musim ini.

"Ini adalah peringatan 100 tahun Suzuki dan di tahun yang tak terlupakan ini, kami memenangkan kejuaraan MotoGP, yang merupakan seri balap motor tertinggi di dunia. Dan bisnis sepeda motor bagi kami adalah salah satu sektor utama yang dimulai dan dibangun oleh para senior kami selama bertahun-tahun," kata Toshihiro.

"Sejak kembali ke MotoGP, saya sangat bangga dengan tim yang telah mengatasi berbagai kesulitan, membuat kemajuan yang stabil dari tahun ke tahun, dan akhirnya menjadi juara. Hari bersejarah dan penting bagi Tim Suzuki Ecstar, karena menjadi Tim pertama dalam sejarah Suzuki yang memenangkan Kejuaraan Dunia Tim."



Simak Video "Catatan Menarik Joan Mir Jadi Juara Dunia MotoGP 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)