Jika MotoGP Digelar di Mandalika Boleh Nonton Langsung atau Tidak Ya?

Rizki Pratama - detikOto
Senin, 09 Nov 2020 15:45 WIB
Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN)
Kalau situasi COVID-19 tidak membaik, balapan agar berjalan tanpa penonton. Foto: Dok. Kementerian PUPR
Jakarta -

Indonesia belum resmi akan menjadi menjadi salah satu negara yang akan menghelat balapan MotoGP, jika diamini pilihan Sirkuit Mandalika bakal sibuk musim depan pastinya. Jika sudah diresmikan apakah diperbolehkan menonton langsung di sana?

Seperti diketahui, musim ini rangkaian seri MotoGP diselenggarakan tanpa penonton sesuai ketentuan protokol kesehatan dari Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM). Nasib kehadiran penonton di tribun Sirkuit Mandalika juga masih abu-abu tergantung situasi pandemi Corona nanti.

Chief Strategic Communication Officer Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Happy Harinto juga masih belum dapat memastikan terkait kehadiran penonton.

"Sejauh ini udah confirm (balapan MotoGP 2021 di Sirkuit Mandalika), yang belum pasti itu penontonnya boleh atau tidak oleh penyelenggara dan aturannya. Kalau sampai tahun depan ada covid mesti dilihat lagi oleh penyelenggara dan Dorna," kata Happy saat dihubungi detikcom pada Jumat (6/11/2020) melalui sambungan telepon.

Mengenai penjualan tiket Happy menambahkan itu masih dalam tahap pre-booking. Artinya belum ada transaksi pemesanan tiket resmi untuk menonton MotoGP Mandalika musim depan. Pemsanan tiket secara resmi akan menunggu keputusan Dorna apakah akan boleh ditonton langsung atau tidak di MotoGP Mandalika.

"Kalau tiket kemarin masih pre booking, penjualan itu kita menanti dari Dorna balapan itu kan lagi covid dan kita berharap (COVID-19) ini hengkang. Kita belum tahu juga pengumuman dari Dorna termasuk negara lain, nggak cuma Indonesia. Dengan penonton atau tidak dengan penonton lihat sikon dan situasinya," tambah Happy.

Walaupun situasi ini masih belum jelas, Happy optimis dan berharap MotoGP Mandalika dapat ditonton langsung. Harapannya itu tentu dari vaksim COVID-19 yang rencananya akan masuk Indonesia di akhir tahun ini.

"Kami yakin pemerintah mulai Desember vaksin udah ada. Kalau ada artinya hope kita juga makin baik kira-kira seperti itu. Di Indonesia kita berharap musim 2021 ada spectator dan penonton," tutupnya.



Simak Video "Simak! Jadwal Deretan Balap Internasional Bakal Digelar di Mandalika"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)